Advertisement

Kasihan Lansia Lain, Ma'ruf Amin Soroti Waktu 5 Menit di Bilik Suara

Aziz Rahardyan
Kamis, 18 April 2019 - 05:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Kasihan Lansia Lain, Ma'ruf Amin Soroti Waktu 5 Menit di Bilik Suara Cawapres nomor urut 02 Ma'ruf Amin berbincang santai di kediamannya bersama sanak keluarga dan awak media selepas menjalani prosesi pemungutan suara - Bisnis/Aziz R

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Cawapres nomor urut 01 KH Ma'ruf Amin memiliki pandangan khusus terkait pelaksanaan Pemilu 2019. 

Mantan Ketua Umum MUI dan Rais Aam PBNU ini terlihat menghabiskan waktu sekitar lima menit di bilik suara untuk mencoblos empat surat suara. Alhasil, dirinya pun membayangkan, para sepuh lain pasti harus memakan waktu lebih lama untuk mencoblos lima surat suara.

"Kalau buat saya tidak ada kesulitan, karena begitu dibuka, bles, sudah tahu mana yang dicoblos," ujarnya disambut tawa para tamu dan awak media yang hadir, Rabu (17/4/2019). 

"Kalau [surat suara] terlalu besar ya, memang banyak sekali nama-nama caleg, melipat lagi [susah-susah gampang] karena ada bekas lipatannya. Tapi masyarakat awam yang sudah tua, nenek-nenek, kakek-kakek memang tentu ini efisiennya seperti itu, jadi kulturnya harus dibiasakan," jelasnya.

Sebab itulah, menurut kiai yang telah menginjak usia 76 tahun ini, perlu ada pendampingan secara teknis lebih intens di TPS untuk para orang tua di masa depan bagaimana cara membuka surat suara yang besar dan bagaimana cara melipatnya kembali.

Tetapi, dirinya justru optimistis dan mendoakan, orang tua di masa depan sudah lebih terbiasa dan lebih cerdas apabila kembali menghadapi pemilu yang kompleks dengan surat suara sebanyak Pemilu Serentak 2019 ini.

"Jadi sebenarnya secara teknis tidak ada kesulitan, tapi yang tua-tua memang harus dibimbing. Kalau yang akan datang nanti semoga yang tua-tua sudah lebih pintar memilih," tambahnya.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dukung Kelestarian Lingkungan, Pemda DIY Mulai Terapkan Program PBJ Berkelanjutan

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement