150 Orang Dilaporkan Hilang dalam Kecelakaan Kapal di Kongo

Kondisi KM Makmur usai ditabrak kapal tanker di perairan perbatasan Indonesia-Singapura. - Ist/Okezone
17 April 2019 18:37 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, KINSHASHA – Sekitar 150 orang dilaporkan hilang setelah sebuah kapal tenggelam di sebuah danau di sebelah timur Republik Demokratik Kongo.

“Saya sangat sedih dengan kecelakaan kapal pirogue pada Senin 15 April di Danau Kivu. Jumlah korban sementara adalah 150 orang hilang," kata Presiden Republik Demokratik Kongi, Felix Tshisekedi di akun Twitter resminya sebagaimana dilansir Reuters, Rabu (17/4/2019). Pirogue adalah jenis kapal panjang yang terbuat dari sebuah batangan kayu besar.

Delphin Mbirimbi, seorang aktivis lokal di provinsi Kivu Selatan, mengatakan kepada Reuters bahwa kapal itu, yang bertolak dari Provinsi Kivu Utara itu mengalami kecelakaan di danau dekat wilayah Kalehe.

Dia mengatakan sejauh ini telah ada tiga jasad korban yang berhasil ditemukan dan diambil, 33 korban berhasil diselamatkan dan 150 penumpang lainnya masih hilang.

Tshisekedi mengatakan dia mengikuti situasi ini dengan seksama “untuk mengidentifikasi dan memberikan sanksi kepada mereka yang bertanggung jawab”.

Kecelakaan kapal yang mematikan adalah hal biasa terjadi di Kongo, negara berhutan lebat yang hanya memiliki beberapa jalan di luar kota-kota besar dan di mana kapal sering dimuat jauh melampaui kapasitasnya.

Sumber : Okezone.com