TPS Berada di Tengah Hutan, KPU Distribusikan Logistik Naik Kuda

Petugas mendistribusikan logistik pemilu ke TPS 20 yang berada di kawasan Taman Nasional Meru Betiri Kabupaten Jember, Jawa Timur dengan menggunakan kuda. - Antara Foto
16 April 2019 10:37 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JEMBER-- Ada yang unik di Pemilu 2019 ini. Medan yang sulit dan tidak adanya akses jalan menuju tempat pemungutan suara (TPS) membuat petugas yang mengantarkan logistik untuk keperluan Pemilu 2019 di kawasan Bandelit, Desa Andongrejo, Kabupaten Jember, Jawa Timur menggunakan kuda.

Perjalanan menuju TPS 20 yang berada di kawasan Taman Nasional Meru Betiri tersebut mendapat pengawalan ketat aparat kepolisian setempat.

"Secara geografis medannya sangat sulit dan TPS 20 yang berada di afdeling Sumbersalak merupakan TPS terluar di Kecamatan Tempurejo," kata Kapolsek Tempurejo AKP Suhartanto dilansir dari Antara, Senin (15/4/2019).

Dikemukakan Suhartanto, kendaraan roda empat hingga roda dua tidak bisa menuju lokasi TPS tersebut, lantaran TPS 20 yang berada di Dusun Bandealit, Desa Andongrejo, Kecamatan Tempurejo berada di kawasan hutan milik Taman Nasional Meru Betiri.

"Jalannya sangat curam dan licin, apalagi hujan mengguyur di wilayah setempat, sehingga petugas berkuda yang membawa logistik harus ekstra hati-hati, agar tidak jatuh," tuturnya.

Sutanto mengatakan distribusi logistik ke TPS 20 dilakukan lebih awal dibandingkan TPS lainnya, yakni H-2 pemungutan suara karena lokasinya yang sulit dijangkau dan hanya bisa menggunakan kuda.

Jumlah TPS di Dusun Bandealit yang berada di kawasan Taman Nasional Meru Betiri tercatat sebanyak enam TPS dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 1.400 orang.

Partisipasi di wilayah tersebut cukup tinggi, meski berada di kawasan terpencil.

"Alhamdulillah partisipasi pemilih di Dusun Bandealit cukup tinggi, meskipun berada di kawasan terpelosok yang jauh dari akses jalan raya. Kami berharap pelaksanaan Pemilu 2019 di Desa Andongrejo dapat berjalan lancar," kata Camat Tempurejo Sutarman.

Sumber : Antara