Gojek Sumbang Rp44,2 Triliun ke Negara

Ilustrasi gojek, grab, uber - Sae
15 April 2019 10:07 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Gojek memiliki peran penting bagi perekonomian karena mampu memberi sumbangan terhadap ekonomi Indonesia sebesar Rp44,2 triliun lebih. Teknologi super-app yang dikembangkan Gojek juga dinilai berhasil menciptakan lapangan kerja yang banyak.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menilai keberhasilan perusahaan aplikasi Gojek adalah jawaban atas kekhawatiran selama ini, kehadiran startup digital sekelas unicorn atau decacorn seperti Gojek justru akan membawa pendapatan negara keluar negeri.

“Gojek menjadi model di Indonesia dan menjadi model di internasional. Jadi siapa bilang uang kita lari keluar? Namun sebaliknya, uang [dari luar justru] masuk ke kita,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Pengamat Transportasi Djoko Setijwarno menilai keberadaan operator transportasi daring seperti Gojek, sejak semula membuka banyak lahan pekerjaan. Sejauh ini, jika menuruti peraturan yang berlaku, selayaknya mitra pengemudi akan mendapatkan perlindungan juga kesejahteraan.

“Kalau aturan dari Kemenhub itu sudah ada ketentuan, tinggal dilengkapi dengan regulasi dari Kominfo dan Kemenaker, banyak yang beralih profesi dengan keberadaan bisnis transportasi daring,” ungkap Djoko, Minggu (14/4/2019).

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia