Advertisement

Pagi Tadi, Jokowi Resmikan Tol Pasuruan-Probolinggo

Yodie Hardiyan
Rabu, 10 April 2019 - 12:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Pagi Tadi, Jokowi Resmikan Tol Pasuruan-Probolinggo Ilustrasi-Presiden Joko Widodo saat memberikan sambutan pada peresmian jalan tol Gempol-Pasuruan seksi II di gerbang tol Pasuruan, Jawa Timur, Jumat (22/6/2018). - ANTARA/Umarul Faruq

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo sepanjang 31,3 kilometer telah diresmikan Presiden Joko Widodo, Rabu (10/4/2019) pagi. 

Jalan tol Pasuruan-Probolinggi yang biasa disingkat Paspro ini diresmikan Presiden Jokowi di Gerbang Tol Probolinggo Timur, Jawa Timur. Pada saat meresmikan, Jokowi menyampaikan jalur Merak sampai Banyuwangi kini telah tersambung dengan jalan tol yang diharapkan bisa meningkatkan mobilitas orang atau barang.

Advertisement

"Kalau kita lihat dari Jakarta, Cawang sampai Probolinggo sudah tembus 840 km. Kalau dimulai dari ujung barat Pulau Jawa di Merak ke Probolinggo itu tembusnya 962 kilometer. Kalau dulu ada Anyer-Panarukan yang dikerjakan oleh Daendles sekarang ada Merak-Banyuwangi yang dikerjakan Menteri PU," kata Presiden seperti dikutip dari keterangan tertulis.

Sementara itu, Menteri BUMN Rini Soemarno menyatakan pengoperasian tol ini akan mempercepat waktu tempuh dari Pasuruan ke Probolinggo, dari semula 2,5 jam menjadi 30 menit. Pengoperasian jalan tol Pasuruan-Probolinggo diharapkan juga akan turut mendorong roda perekonomian daerah dan nasional.

"Ini merupakan suatu proyek strategis nasional yang Alhamdulillah bisa selesai tepat waktu dan saat ini sudah diresmikan Bapak Presiden. Saya kira dengan adanya jalan tol ini masyarakat akan punya waktu singkat dari Pasuruan ke Probolinggo cuma 30 menit dari 2,5 jam," kata Rini.

Sebagai informasi, proyek jalan tol Pasuruan – Probolinggo diperoleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk pada tahun 2015 dengan nilai kontrak sebesar Rp2,9 triliun. Jalan tol Pasuruan - Probolinggo memiliki 3 Gerbang Tol (GT) yakni, GT Tongas, GT Probolinggo Barat dan GT Probolinggo Timur.

Sebelumnya jalan tol Paspro ini telah dibuka secara fungsional saat periode libur Natal dan Tahun Baru 2019. Pengerjaan proyek jalan tol ini dimulai Mei 2016 dan selesai pada bulan Desember 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kirab Pengantin Tebu di Pabrik Gula Madukismo

Bantul
| Selasa, 23 April 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement