Advertisement

Tiket KA Tambahan Angkutan Lebaran Mulai Dijual Hari Ini

Kusnul Isti Qomah
Sabtu, 06 April 2019 - 07:07 WIB
Budi Cahyana
Tiket KA Tambahan Angkutan Lebaran Mulai Dijual Hari Ini Ilustrasi penumpang naik turun di kereta. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Minat masyarakat terhadap moda transportasi kereta api (KA) sangat tinggi pada masa angkutan Lebaran 2019. Hal tersebut terbukti dengan telah habisnya tiket KA favorit. Untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat, PT Kereta Api Indonesia (Persero) menjual tiket 50 perjalanan KA tambahan mulai Sabtu (6/4/2019) pukul 00.01 WIB.

Manajer Humas PT KAI Daop 6 Jogja, Eko Budiyanto, mengatakan untuk Daop 6 ada tujuh KA tambahan dengan total 16 rangkaian dan 8.344 tempat duduk yang tersedia. "KA tambahan itu adalah Argo Dwipangga Fakultatif, Argo Lawu Fakultatif, Lodaya Lebaran, Mataram, Sancaka Lebaran, Taksaka Malam Lebaran, dan Taksaka Pagi Lebaran," ujar dia ketika dihubungi Harian Jogja, Jumat (5/4/2019).

Advertisement

Eko mengungkapkan pada masa angkutan Lebaran sering dijumpai pelanggan yang membeli tiket lebih dari satu karena untuk antisipasi jika terjadi perubahan mudik maupun balik, sehingga sering terjadi pembatalan tiket. "Daripada melakukan pembatalan tiket, lebih baik pastikan jadwal saat mudik maupun balik," kata dia.

Ia mengatakan untuk pembatalan tiket atau perubahan jadwal dikenai biaya 25%. "Bagi yang sudah mendapatkan tiket kami mengimbau supaya datang di stasiun keberangkatan satu jam sebelum berangkat supaya tidak ketinggalan kereta, mengingat kemacetan jalan raya saat ini sering terjadi," ujar dia.

Executive Vice President PT KAI Daop 6 Jogja, Eko Purwanto, mengungkapkan selain menyediakan KA tambahan, Daop 6 juga menyiapkan sarana, prasarana, dan layanan untuk mendukung angkutan Lebaran. "Prasarana seperti trek, persinyalan, dan juga sarana prasarana di stasiun rutin dicek. Untuk titik rawan atau diperkirakan ada gangguan juga sudah diinventarisasi. Ada general check up baik lokomotif maupun kereta," kata dia.

Ia mengatakan volume penumpang KA selalu meningkat. "Misalnya pada 2018 untuk Daop 6 naik sekitar 12 persen. Kami mengantisipasi dengan persiapan yang matang agar bisa beri layanan dengan baik," kata dia.

 

Kursi Bertambah

Dirut KAI, Edi Sukmoro, melalui keterangan tertulis mengungkapkan untuk tiket mudik keberangkatan mulai dari H-7 Lebaran, H-6, dan seterusnya telah habis terjual. Untuk arus balik, keberangkatan H2+2 dan H2+3 Lebaran menjadi tanggal pilihan para penumpang untuk kembali ke kota asal pada masa arus balik. “Kami terus meningkatkan pelayanan dengan menambah kereta api tambahan pada angkutan Lebaran 2019 tanpa mengurangi kenyamanan penumpang,” kata dia.

Bagi masyarakat yang sudah menanti untuk membeli tiket KA tambahan Lebaran 2019, diminta bersiap-siap karena PT KAI akan menjual tiket 50 perjalanan KA tambahan mulai Sabtu (6/4) pukul 00.01 WIB. KAI menambah kereta dengan berbagai rute yang menjadi favorit masyarakat di antaranya keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen dan Gambir menuju Tegal, Semarang, Purwokerto, Jogja, Solo, Surabaya, Malang, dan lainnya.

Jumlah seat kereta api tambahan sebanyak 29.456 kursi tambahan per hari. Jumlah tersebut meningkat 8% dibandingkan tahun sebelumnya yaitu 27.072 kursi kereta tambahan. Masyarakat dapat melakukan pemesanan tiket KA tambahan melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, dan berbagai channel penjualan tiket resmi KAI lainnya. KAI juga mengimbau kepada masyarakat agar membeli tiket Lebaran di kanal resmi KAI atau mitra resmi yang telah bekerja sama dengan KAI. Tujuannya untuk menghindari penipuan atau biaya jasa yang tidak wajar.

“PT KAI akan membuka Posko Angkutan Lebaran 2019 selama 22 hari mulai 26 Mei sampai dengan 16 Juni 2019. Selama masa tersebut, seluruh pegawai KAI akan dimaksimalkan untuk membantu kelancaran pelayanan di stasiun-stasiun,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Baznas Kota Jogja Luncrukan Madrasah Al-Quran bagi Difabel Tuna Netra

Jogja
| Kamis, 18 April 2024, 13:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement