Advertisement

Ma'ruf Diadang Warga Saat Akan Ziarah Kubur, Ansor Banten Angkat Bicara

Lalu Rahadian
Selasa, 02 April 2019 - 03:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ma'ruf Diadang Warga Saat Akan Ziarah Kubur, Ansor Banten Angkat Bicara Cawapres nomor urut 01, KH Ma"ruf Amin - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Calon wakil presiden nomor urut 01 dihadang saat hendak berziarah ke makam Kiai Suhro di Pamekasan, Madura. Kejadian itu langsung mendapat tanggapan serius dari Pengurus Wilayah (PW) Ansor Banten.

Ketua PW Ansor Banten Ahmad Nuri mengatakan, penghadangan terhadap Ma'ruf dilakukan secara tidak santun dan terkesan mengusir. Padahal, Ma'ruf dan rombongan hanya berniat beribadah dengan mengunjungi makam Kiai Suhro.

"Mereka seperti mengusir Kiai dan rombongan yang mau beribadah,” ujar Ahmad dalam keterangan tertulis yang diterima Bisnis, Senin (1/4/2019).

Menurut Ahmad, ziarah kubur bagi warga NU merupakan salah satu ibadah yang disunahkan. Sebab, di dalamnya ada pembacaan doa, istigosah dan tawassul.

Dia merasa penghadangan Ma'ruf sebagai bentuk penghinaan. Ahmad juga tak habis pikir mengapa ada orang yang menghadang niat Ma'ruf untuk ziarah.

"Bagi kami ini penghinaan. Jangankan Kiai Ma’ruf yang jadi tokoh panutan kami, orang awam saja kalau hendak bertamu, berziarah, wajib dihormati," tuturnya.

PW Ansor Banten menganggap tindakan pendukung kandidat nomor urut 02 di Pamekasan bisa menyulut konflik horizontal. Akan tetapi, dia menyebut tindakan serupa tak akan dilakukan masyarakat Banten jika Prabowo Subianto atau Sandiaga Uno berkampanye di sana.

Saat hendak berziarah ke makam Kiai Suhro, Ma'ruf sempat "disambut" sejumlah warga di sekitar lokasi makam. Peristiwa itu menyebabkan Ma'ruf batal berziarah ke lokasi tujuan.

Ma'ruf pun lantas langsung menuju Surabaya untuk bermalam sebelum melanjutkan kampanye ke Nusa Tenggara Barat (NTB), Selasa (2/4/2019).

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Sabtu 27 April 2024, Harga Tiket Rp20 Ribu

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 03:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement