Obyek Wisata Milik Pemerintah Akan Dipihakketigakan

Perahu wisata menyusuri kawasan objek wisata Klayar di Dusun Klayar, Desa Kedungpoh, Kecamatan Nglipar, beberapa waktu lalu. - Harian Jogja/David Kurniawan
28 Maret 2019 07:17 WIB Ujang Hasanudin News Share :

Harianjogja.com, WATES--Beberapa obyek wisata yang dikelola Pemerintah Kabupaten Kulonprogo diwacanakan untuk dikelola pihak ketiga. Rencana ini bertujuan agar pengelolaan pariwisata di Kulonprogo bisa lebih profesional.

Kepala Dinas Pariwisata Kulonprogo, Niken Probo Laras mengatakan pihak ketiga ini nantinya bisa dari Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), koperasi maupun kelompok masyarakat. Dengan pengelolaan objek wisata oleh pihak ketiga, pihaknya tidak akan menghitung pendapatan retribusi wisata perbulan, melainkan dalam per tahun.

Nantinya pihak ketiga yang mendapat kepercayaan pengelolaan pariwisata, bertanggung jawab melakukan promosi dan atraksi supaya mendapat pendapatan retribusi melebihi yang ditetapkan. "Tapi untui rincian obyek wisata mana saja yang bakal dikelola masih kami pelajari, tapi yang pasti obyek wisata itu sebelumnya dikelola kami," kata Niken, Rabu (27/3/2019).

Pemerintah Kabupaten Kulonprogo sendiri saat ini mengelola delapan obyek wisata, di antaranya Pantai Glagah, Pantai Trisik, Waduk Sermo, Puncak Suroloyo, Gua Kiskendo, Kalibiru dan Nglinggo-Tritis.

Untuk Pantai Glagah, pengelolaan dengan sistem pihak ketiga telah diwacanakan sejak jauh-jauh hari. Wacana ini muncul mengingat besarnya anggaran penataan pantai tersebut yang mencapai Rp68 miliar.