Advertisement

Terorisme Akan Dibahas Lagi pada Debat Babak 4. Ini Kata Pengamat

Newswire
Rabu, 27 Maret 2019 - 02:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Terorisme Akan Dibahas Lagi pada Debat Babak 4. Ini Kata Pengamat Presiden Joko Widodo menyambangi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di kediamannya, di Hambalang, Bogor. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Pengamat dari Indonesia Public Institute (IPI) Jerry Massie memperkirakan terorisme dan radikalisme akan dibahas kembali dalam debat capres keempat pada 30 Maret 2019 kendati sudah dibahas pada debat sebelumnya. Debat pilpres keempat nanti akan mengangkat tema ideologi, pemerintahan, keamanan, dan hubungan internasional. 

"Bisa jadi ini diangkat lagi kendati sudah dibahas pada debat sesi perdana. Pasalnya ada korelasi antara keamanan dan terorisme," kata Jerry Massie di Jakarta, Selasa (26/3/2019). 

Advertisement

Apalagi adanya penangkapan belasan terduga teroris dalam sebulan terakhir di lokasi yang berbeda-beda, menunjukkan adanya sel tidur teroris yang siap melakukan tindakan amaliah.

Penguatan keamanan di perbatasan serta laut untuk mencegah penyusupan teroris masuk, menurut Jerry, isu penting karena panjangnya garis perbatasan serta luasnya laut Indonesia.

"Laut kita perlu dijaga dan dikawal. Apalagi ISIS sudah kalah di Suriah takutnya mereka bermigrasi," kata Jerry.

Paham radikal dan intoleran dinilainya mengganggu stabilitas keamanan di Tanah Air dan berpotensi menyebabkan perekonomian tidak stabil.

"Negara lain mau investasi, tetapi kalau keamanan lemah bisa saja mereka tak mau berinvestasi," ujar Jerry.

Ada pun dalam kurun waktu 2017-2018, telah terjadi 17 insiden terorisme di Indonesia yang mengakibatkan 51 korban tewas dan 67 korban cedera.

Insiden terorisme yang terjadi di Indonesia sangat terpusat di wilayah Jawa dan sebagian besar korban tewas tersebut adalah masyarakat umum, aparat kepolisian dan pelaku penyerangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Cuaca DIY Hari Ini Jumat 19 April 2024: Jogja, Sleman dan Gunungkidul Hujan Lebat Disertai Petir

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 06:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement