Temuan di Proyek Tol Malang Dipastikan Tempat Pemujaan Zaman Kerajaan Singosari

Ilustrasi pengunjung melihat koleksi artefak dari zaman megalitikum di Situs Sokoliman, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, belum lama ini. - Harian Jogja/David Kurniawan
26 Maret 2019 19:37 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, MALANG--Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) memastikan struktur bangunan kuno yang ditemukan di proyek Tol Malang - Pandaan seksi 5 KM 37 merupakan bagian dari tempat pemujaan.

Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Andi Muhammad Said mengatakan berdasarkan kajian timnya memastikan bentuk bangunan tersebut dahulu digunakan sebagai tempat pemujaan.

"Tempat pemujaan yang berorientasi ke Gunung Semeru. Itu tempat pemujaan masa Singosari," ujar Andi, Selasa (25/3/2019).

Menurut Andi yang menguatkan bangunan itu merupakan tinggalan Kerajaan Singosari yakni adanya koin-koin asal China yang digunakan pada Dinasti Song sekitar abad 10 M. "Koin-koin Song dari Dinasti China itu abad 10, keramik juga indikator utamanya artinya pra Majapahit tidak ada yang kita temukan lebih muda," bebernya.

Saat ini sendiri BPCB telah melakukan ekskavasi atau penggalian dengan diamater luas 24 x 24 meter ke arah barat daya dari temuan struktur batu bata pertama kali di sisi timur laut.

Sebelumnya para pekerja tol menemukan struktur bangunan yang diduga situs sejarah. Penemuan situs kuno ini membuat proses pengerjaan tol di seksi 5 Malang - Pandaan terpaksa dihentikan sementara wak

Sumber : Okezone.com