Ini Dua Orang yang Kekayaannya Melebihi Rp1 Kuadriliun

Bill Gates, menunjuk sebuah toples berisi kotoran manusia saat berpidatonya di Reinvented Toilet Expo yang menampilkan teknologi sanitasi di Beijing. - Reuters
21 Maret 2019 19:07 WIB Iim Fathimah Timorria News Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Di seluruh dunia, hanya dua orang yang punya kekayaan melebihi Rp1 kuadriliun alias Rp1 juta triliun. Keduanya adsalah Bill Gates dan Jeff Bezos.

Bloomberg Billionaires Index secara rutin menelusuri daftar orang-orang yang memiliki total kekayaan mencapai miliaran dolar Amerika Serikat.

Di antara 2.800 miliarder seantero dunia yang masuk daftar Bloomberg pada 2019, 145 orang di antara memiliki total kekayaan setidaknya US$10 miliar. Para hartawan yang masuk daftar ini mendapat julukan 'decabillionaire'.

Kendati jumlah decabillionaire terbilang banyak, Bloomberg hanya memberi mahkota centibillionaire kepada beberapa orang saja, tepatnya hanya dua orang.

Centibillionaire adalah gelar pada hartawan yang memiliki akumulasi kekayaan 10 kali lipat dibanding decabillionaire. Artinya, total harta yang dimiliki kelompok ini mencapai nilai US$100 miliar alias Rp1 kuadriliun.

Jeff Bezos yang didaulat sebagai orang terkaya dunia versi Bloomberg tentunya masuk dalam daftar eksklusif ini. Dengan total kekayaan mencapai US145,6 miliar, pendiri Amazon itu berhasil mempertahankan kekayaan di atas level US$100 miliar, ia sendiri menambah pundi-pundi uangnya sebanyak US$20,7 miliar sepanjang 2018.

Pendiri Microsoft Bill Gates, yang pernah menyandang gelar orang terkaya di dunia, kembali menjangkau klub centibillionaire.

Total kekayaan Gates yang sekarang bernilai US$100 miliar, belum pernah mencapai titik tertinggi sejak teknologi dot-com berkembang pesat yang kebetulan bersamaan dengan masa ketika Bezos baru merintis bisnis Amazon-nya.

Nilai kekayaan dua centibillionaires ini semakin memperlihatkan kesenjangan yang lebar di Amerika Serikat. Orang-orang dengan modal besar di negeri Paman Sam tercatat begitu cepat menambah pundi-pundi kekayaan.

Tren serupa pun terjadi di seluruh dunia. Bernard Arnault dari Prancis yang menyabet gelar orang terkaya ke-3 memiliki kekayaan senilai US$86,2 miliar, setara dengan 3 persen ekonomi negaranya. Sementara itu, kekayaan bersih Amancio Ortega dari Spanyol setara dengan 5 persen produk domestik negara itu.

Meski Gates dan Bezos merupakan dua orang terkaya di dunia, nilai harta mereka yang besar diperkirakan tak akan bertahan lama.

Gates tercatat telah menyumbangkan lebih dari US$35 miliar hartanya kepada Yayasan Bill & Melinda Gates. Ia pun mengatakan akan memberikan separuh kekayaannya untuk yayasan itu.

Di lain pihak, Bezos harus menghadapi hal yang berbeda. Perceraiannya dengan Mazkenzie kemungkinan besar harus memaksa Bezos memberikan sebagian kekayaannya sebagai bagian dari pembagian properti pernikahan.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia