Advertisement

Supermoon Terakhir Tahun Ini Akan Muncul Besok Pagi

Denis Riantiza Meilanova
Rabu, 20 Maret 2019 - 17:37 WIB
Budi Cahyana
Supermoon Terakhir Tahun Ini Akan Muncul Besok Pagi Bulan merah darah (supermoon) di atas Brighton, di bagian selatan Inggris, 27 September 2015. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Supermoon akan kembali muncul pada Kamis (18/3/2019) pagi WIB. Bulan super kali ini menjadi tang terakhir pada 2019 dan disebut sebagai Super Worm Equinox Moon.

Namun sayangnya, Super Worm Equinox Moon tidak bisa disaksikan dari Indonesia. Sebab, dilansir dari National Geographic, Supermoon akan terjadi pada pukul 09.43 malam EST (kawasan pesisir timur Amerika). Artinya, di Indonesia akan terjadi pada Kamis pagi (21/3/2019) pukul 08.43 WIB.

Advertisement

Supermoon ini merupakan salah satu dari tiga rangkaian purnama perigee pada 2019. Bulan akan berada pada jarak terdekatnya dengan Bumi dan akan nampak lebih besar serta bersinar lebih terang.

Sebelumnya, fenomena Supermoon terjadi pada pertengahan Februari lalu yang disebut dengan Super Snow Moon. Supermoon pada Februari merupakan yang terbesar dan tercerah di tahun ini.

Lalu, pada Januari Supermoon terjadi berbarengan dengan gerhana bulan total yang disebut dengan sebutan Super Blood Wolf Moon.

Sedangkan, Supermoon kali ini dikenal juga dengan sebutan Super Worm Equinox Moon. Mengutip CNN, sebutan itu berasal dari sebutan yang diberikan oleh orang asli dan tradisional Amerika. Mereka memiliki kebiasaan memberi sebutan untuk setiap bulan purnama tiap tahunnya untuk membantu mereka melacak musim.

Disebut Worm Moon, karena pada bulan Maret biasanya tanah menjadi gembur dan cacing tanah muncul ke permukaan. Lalu disebut Equinox karena bertepatan dengan fenomena Equinox, yaitu matahari berada tepat di atas garis khatulistiwa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Termasuk Jogja, BMKG Ingatkan Sebagian Besar Wilayah Indonesia Waspada Cuaca Ekstrem

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 09:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement