Advertisement

Pemilih dari Luar Negeri Akan 'Nyoblos' Lebih Awal

Newswire
Minggu, 17 Februari 2019 - 14:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Pemilih dari Luar Negeri Akan 'Nyoblos' Lebih Awal Presiden Joko Widodo menyambangi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di kediamannya, di Hambalang, Bogor. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, TANGERANG--Pencoblosan yang dilakukan pemilih di luar negeri dengan di dalam negeri akan berbeda, Ketua Komisi Pemilihan Umum atau KPU RI, Arief Budiman mengatakan para pemilih dari luar negeri dijadwalkan melalukan pencoblosan lebih awal.

Pemilih luar negeri akan diberikan waktu mencoblos pada tanggal 8 April. Hal itu dikatakan Areif dalam acara Distribusi Perdana Logistik Pemilu Luar Negeri 2019 di Gudang logistik KPU Komplek Pergudangan Zoodia, Jalan Husein Sastranegara No.1 Benda, Kota Tangerang, Minggu (17/2 2019).

Advertisement

"Kita punya early voting. Jadi dia yang di luar negeri punya memilih lebih awal, kita sediakan durasi waktunya selama 1 minggu mulai tanggal 8-14 April," ujar Arief.

Arief mengaku belum mendapatkan informasi lebih lanjut terkait di negara mana yang akan menjalankan pemilihan lebih dulu. Namun mengingat dari pengalaman sebelumnya, paling banyak warga yang melalukan pencoblosan pada 12 April.

"Yang lebih dulu saya enggak hafal. Paling awal seingat saya ada yang tanggal 12 April tapi dominasinya lebih banyak yang menyelenggarakan di tanggal 12-13," katanya.

Walaupun pencoblosan dilakukan lebih dulu, penghitungan suara tetap dilakukan bersamaan dengan para pemilih di Indonesia. Penghitugan suara dilakulan serentak pada tanggal 17 April.

"Jadi walaupun pemungutan suaranya lebih awal tapi penghitungan suaranya dilaksanakan bersamaan dengan dalam negeri tanggal 17 april," jelasnya.

Sebelumnya, pengiriman surat suara ke 130 negara berdasarkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di luar negeri sebanyak 2.058.191. Namun karena adanya pemilu DPR, surat suara ditambah 2 persen.

"Terdapat surat suara untuk pemilu presiden tambah surat suara untuk pemilu DPR. Jadi kalau di total 4 juta sekian ditambah dua persen jadi sekitar 4,5 juta lah di 130 negara," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Imsak dan Buka Puasa Wilayah Jogja dan Sekitarnya, Jumat 29 Maret 2024

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 02:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement