Advertisement

Ini Harapan KPK Terhadap Pelaksanaan Debat Capres

Newswire
Sabtu, 16 Februari 2019 - 05:37 WIB
Sunartono
Ini Harapan KPK Terhadap Pelaksanaan Debat Capres Calon Presiden dalam Pilpres 2019 Joko Widodo (kanan) berbincang dengan Capres Prabowo Subianto di sela-sela pengambilan nomor urut pasangan calon untuk pemilihan Presiden 2019, di kantor KPU, Jakarta, Jumat (21/9/2018). - Reuters/Darren Whiteside

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar debat kandidat Calon Presiden (Capres) kedua pada 17 Februari nanti. Tema yang akan dibahas adalah energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam (SDA), dan lingkungan hidup. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menaruh harapan terhadap debat tersebut terutama adu gagasan pengelolaan SDA yang lebih baik.

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Laode M Syarief berharap, dalam program adu gagasan itu, kedua Capres tersebut mampu diharapkan melahirkan inovasi dan ide bagaimana tata cara pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) yang baik.

"Poin pentingnya itu kami berharap bahwa tata kelola sumber daya alam baik hutan, tambang, perikanan, itu diperbaiki dengan baik," kata Syarief di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Jumat (15/2/2019).

Advertisement

Selain tata kelola, Syarief menginginkan adanya langkah konkret dari kedua Capres untuk permasalahan penegakan hukum kepada seluruh pihak yang melakukan kesalahan prosedur dan regulasi.

"Kami berharap itu dijadikan salah satu poin di dalam debat itu, agar penegakan hukum di sektor kehutanan pertambangan dan perikanan itu berjalan dengan semestinya. Saya pikir itu," katanya.

Meskipun dalam debat kedua ini, KPK tak dilibatkan menjadi salah satu panelis, Syarief meminta kepada kedua Capres mampu melahirkan gagasan mengenai pengelolaan SDA yang baik dan benar.

"Kamu berharap kajian-kajian SDA KPK itu karena ini kajian yang bukan hanya KPK tapi dilaksanakan bersama dengan sejumlah pakar di Indonesia dan sejumlah kementerian dan lembaga dan rekomendasinya jelas semuanya, mudah mudahan itu bisa dijadikan salah satu bahan," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Alert! Stok Darah di DIY Menipis, PMI Dorong Instansi Gelar Donor Darah

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement