Gelapkan Uang Nasabah Capai Rp2,3 Miliar, Teller BRI Ditangkap

Ilustrasi rupiah - Reuters
01 Februari 2019 19:37 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, MAKASSAR--Seorang teller Bank BRI Makassar bernama Rika, 28, ditangkap Dirkrimsus Polda Sulsel. Ia ditangkap karena telah menilap atau menggelapkan uang puluhan nasabah Bank BRI di Makassar, hingga Rp2,3 miliar.

Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Dicky Sondani mengatakan, tersangka bekerja sebagai teller di Bank BRI Unit Toddopuli.

"Jadi saat nasabah menyetorkan tabungan. R menerima uang tersebut. Kemudian R membuat slip dari laporan yang sesuai. Namun, R laporkan ke bank itu tidak sesuai," ujar Dicky saat merilis kasus ini di Mapolda Sulsel, Jalan Perintis Kemerdekaan, Makassar, Rabu (30/1/2019).

Ia mengatakan, Rika nekat menilap miliaran uang nasabah dengan modus slip nasabah palsu. Bahkan, Rika nekat memalsukan tanda tangan nasabah agar leluasa mengambil uang yang telah disetorkan saat mencetak buku tabungan.

"Misalkan jumlah uang Rp10 juta, tapi dilaporkan Rp5 juta, nasabah tetap menerima slip Rp10 juta. Rika juga melakukan kejahatan mengambil slip dan palsukan tanda tangan nasabah. Saat nasabah mencetak buku tabungan, seolah diambil, R ini bisa menarik, melalui program excel," kata Dicky.

Rika nekat menjalankan aksinya dengan mengambil uang miliran rupiah milik nasabah untuk memenuhi kebutuhannya. Tersangka tercatat telah membeli mobil, dua motor, perhiasan, hingga membiayai satu proyek.

"Dana nasabah digunakan tersangka melunasi utang, membayar uang muka kendaraan roda empat, emas, dua unit roda dua, dan membiayai satu proyek," katanya.

Tercatat, Rika menjalankan aksinya seorang diri sejak April 2018. Rika akhirnya diciduk setelah pihak Bank BRI melapor ke Polda Sulsel lantaran mengalami kerugian.

"Melakukan kejahatan sejak April 2018 dan dilaporkan ke polisi Sabtu lalu. Untuk sementara hasil pemeriksaan bahwa dia masih melakukan sendiri karena di unit itu teller cuma satu orang. Beda dengan cabang, bisa teller satu sampai lima orang," ucapnya.

Kini, Polda Sulsel meminta pihak bank lain untuk tak segan melaporkan oknum lainnya jika terlibat penipuan hingga menilap miliaran uang nasabah.

"Kejahatan tersebut dan apresiasi BRI untuk melaporkan kejahatan yang salah satu petugas teller BRI. Kita ingatkan bank lain untuk melaporkan," katanya.

Tercatat hingga kini ada 47 nasabah dengan 50 rekening Bank BRI telah menjadi korban Rika. Rika kini harus mempertangungjawabkan perbuatannya dan mendekam di Rutan Polda Sulsel.

Sumber : okezone.com