Advertisement

Ini Cerita Gubernur Jawa Barat Saat Tertipu Belanja Online

Newswire
Rabu, 30 Januari 2019 - 20:37 WIB
Sunartono
Ini Cerita Gubernur Jawa Barat Saat Tertipu Belanja Online Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. - Bisnis/Wisnu Wage Pamungkas

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku pernah menjadi korban penipuan saat belanja online membeli beberapa baju batik. 

“Saya sekelas Gubernur saja pernah tertipu ketika belanja online. Apalagi konsumen lain kan, dan saya juga waktu itu bingung kalau mau ngasuh mesti gimana,” kata Ridwan Kamil ketika meresmikan maskot Hari Konsumen di Kementerian Perdagangan Jakarta, Rabu (30/1/2019).

Advertisement

Ridwan Kamil mengingatkan bahwa pentingnya kesadaran konsumen atas hak-haknya, maka sosialisasi hari konsumen adalah perlu dilakukan untuk mengingatkan para pembeli.

Ridwan Kamil menjelaskan kronologi tertipunya adalah ketika belanja online batik, dalam foto katalog terpampang ada motif lingkaran besar sempurna di bagian depan, ternyata setelah barang datang lingkaran tersebut besar sebelah tidak seperti contoh, serta tidak simetris lingkarannya.

Selain itu, Ridwan Kamil juga pernah belanja online, namun barang yang dibeli tidak kunjung sampai. Oleh karena itu, melalui adanya sosialisasi Hari Konsumen, masyarakat akan tahu harus berbuat apa ketika haknya sebagai pembeli tidak terpenuhi.

Pemerintah  secara resmi  meluncurkan maskot resmi untuk mewakili simbol peringatan Hari Konsumen Nasional di Kementerian Perdagangan, Jakarta.

“Ini untuk mengingatkan kembali bahwa konsumen juga memiliki hak-hak yang harus diketahui, makanya ada peresmian Hari Konsumen Nasional dan maskotnya,” kata Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita.

Berdasarkan pantauan, maskot tersebut berbentuk hewan lumba-lumba berwarna biru yang memakai atribut baju adat lokal Jawa Barat. Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil juga datang dalam acara peresmian maskot tersebut . 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pilkada 2024, KPU Jogja Gandeng Disdukcapil Memastikan Akurasi Data Pemilih

Jogja
| Kamis, 18 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement