Advertisement

Soal Moderator Debat Pilpres, Ketua KPU: Kalau Sendiri Jadi Lebih Cepat

Jaffry Prabu Prakoso
Selasa, 22 Januari 2019 - 04:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Soal Moderator Debat Pilpres, Ketua KPU: Kalau Sendiri Jadi Lebih Cepat Ira Koesno moderator Debat Presiden perdana. - Bisnis/Nurul Hidayat

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Adanya jarak waktu komunikasi antar moderator membuat Ketua Komisi Pemilihan Umum Arief Budiman menginginkan moderator dalam debat pilpres kedua hanya satu orang.

Menurut pandangannya secara pribadi berdasarkan hasil pengamatan pada debat perdana lalu, waktu jeda komunikasi antar kedua moderator membuat dirinya kurang sreg karena membuat diskusi kurang dinamis.

Advertisement

“Kalau sendiri jadi lebih cepat gitu. Si moderator bisa langsung meminta calon langsung tanya jawab gitu,” ungkapnya di Gedung KPU di Jakarta pada Senin (21/1/2019).

Arief menjelaskan bahwa dengan peserta debat yang hanya menghadirkan calon presiden saja, maka satu moderator dirasa sudah cukup.

“Peran moderator sama dengan sebelumnya. Mereka memandu jalannya debat, menyampaikan pertanyaan, mengatur jalannya debat,” jelasnya.

Sementara itu durasi waktu debat tidak akan berbeda dengan sebelumnya, yaitu dua jam yang terdiri atas 1,5 jam debat dan 30 menit iklan.

Meski menginginkan satu moderator, keinginan ini harus didiskusikan dengan masing-masing tim sukses apakah berkenan melakukan demikian.

Debat kedua direncanakan berlangsung pada 17 Februari mendatang dengan tema energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup. Debat ini khusus untuk calon presiden yaitu Joko Widodo dan Prabowo Subianto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement