Advertisement

Debat Dibagi Enam Segmen. Ini Susunan Acaranya

Jaffry Prabu Prakoso
Kamis, 17 Januari 2019 - 15:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Debat Dibagi Enam Segmen. Ini Susunan Acaranya Pekerja menyiapkan panggung untuk debat pertama capres-cawapres Pilpres 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu (16/1/2019). - ANTARA/Sigid Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Debat calon presiden dan calon wakil presiden akan dilaksanakan malam ini, Kamis (17/1/2019). Kedua pasangan calon, Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno akan melalui enam segmen debat.

Debat dimulai pukul 20.00 WIB dan akan disiarkan langsung melalui televisi, radio, serta media daring.

Advertisement

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Viryan Aziz mengatakan bahwa selama dua jam itu acara akan dibagi menjadi enam segmen. “Segmen pertama adalah penyampaian visi misi. Mekanismenya masing-masing pasangan calon menyampaikan secara bergantian sesuai nomor urut. Total waktu untuk segmen ini 21 menit,” katanya saat dihubungi, Kamis (17/1/2019).

Bagian selanjutnya jelas Viryan masuk ke pendalaman visi misi pada tema hukum dan hak asasi manusi (HAM). Setiap pembahasan terbagi atas dua sesi.

Pada segmen ini moderator akan memberikan pertanyaan kepada pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dan langsung dijawab. Lawannya kemudian menanggapi program tersebut dan kembali dijawab Prabowo-Sandi.

Sesi kedua gantian pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin yang menjawab pertanyaan dari moderator. Proses saling lempar komentar tidak berbeda dengan sebelumnya. Begitu seterusnya pada sesi HAM.

Lanjut ke segmen ketiga akan mendalami tentang korupsi dan terorisme. Prosesnya tidak jauh berbeda dengan pertama. Akan tetapi pertanyaan pertama dilempar kepada Jokowi-Ma’ruf. Waktu yang diberikan untuk dua segmen ini kurang lebih 24 menit.

Proses debat pada segmen keempat berbeda dari kedua dan ketiga dengan waktu yang diberikan selama 15 menit. “Kembali membahas soal hukum dan HAM tapi pertanyaan dari masing-masing calon,” jelas Viryan.

Segmen kelima juga sama dengan keempat. Isu yang dibahas tentang korupsi dan terorisme.

Terakhir ucap Viryan adalah pernyataan tertutup dari semua peserta debat. Waktu yang diberikan sembilan menit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Potensi Wisata Offroad Mulai Diminati Segmen Komunitas dan Keluarga di Jogja

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement