Advertisement

Benarkah Ucapan Prabowo Soal Gaji Juru Parkir dan Dokter? Begini Hasil Pengujian di Lapangan

Newswire
Selasa, 15 Januari 2019 - 16:17 WIB
Nina Atmasari
Benarkah Ucapan Prabowo Soal Gaji Juru Parkir dan Dokter? Begini Hasil Pengujian di Lapangan Prabowo Subianto Tiba di KPU. - Okezone/Badri

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA- Calon presiden Prabowo Subianto mengatakan bahwa gaji dokter lebih kecil dari juru parkir dalam pidatonya yang bertajuk 'Indonesia Menang' di JCC Senayan, Jakarta, Senin (14/1/2019).

Manajer operasional parkir Blok A Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Iwan Setiawan mengatakan, gaji yang diterima setiap juru parkir di Pasar Tanah Abang sudah memenuhi standar Upah Minimum Provinsi ( UMP ) DKI Jakarta.

Advertisement

Seperti diketahui gaji UMP DKI 2018 sebesar Rp3.648.035. Pada 2019 nilai ini akan naik 8,03 persen sesuai dengan Pergub 114 Tahun 2018 menjadi sebesar Rp3.940.973.

"Gaji juru parkir sudah memenuhi UMP, rata-rata (gaji) Rp3,7 juta ya, nanti akan naik juga kalau UMP naik," kata Iwan Setiawan, Selasa (15/1/2019).

Iwan yang mengepalai 42 juru parkir di lantai 9 Blok A Pasar Tanah Abang enggan menanggapi pidato Prabowo Subianto terlalu jauh, karena ia tidak mengetahui gaji dokter saat ini.

"Kalau gaji dokter sendiri saya tidak tahu, saya tidak bisa jawab jadinya," jelas Iwan.

Di tempat yang sama, salah satu juru parkir, Ridwan sedikit meragukan pernyataan Prabowo yang mengatakan gaji dokter lebih kecil dari gaji tukang parkir.

"Dokter kan sekolahnya pada tinggi-tinggi ketimbang kami, tapi saya tidak tahu juga benar atau tidaknya," kata Ridwan.

Senada dengan Iwan, juru parkir outsourcing ini juga mengatakan, gaji bulanan yang ia terima sudah memenuhi UMP DKI Jakarta yakni sekitar Rp3,7 juta. Sistem pembayarannya dibagi menjadi dua termin per bulan yakni dua minggu sekali.

"Iya sekitar Rp3,7 juta, tapi katanya naik ya nanti, gajinya dibayar dua kali per bulan, tanggal 1 dan 15," jelas juru parkir yang sudah bekerja 4 tahun di Tanah Abang itu.

Untuk diketahui, Prabowo Subianto mengatakan bahwa gaji dokter lebih kecil dari juru parkir dalam pidatonya yang bertajuk 'Indonesia Menang' di JCC Senayan, Jakarta, Senin (14/1/2019).

"Dokter kita harus dapat penghasilan layak. Sekarang banyak dokter kita gajinya lebih kecil dari tukang jaga parkir mobil," kata Prabowo Subianto.

Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia ( IDI ) Daeng Mohammad Faqih tak menampik kalau kesejahteraan dokter di Indonesia masih kurang. Daeng menyebutkan masih banyak dokter umum di Indonesia yang berpenghasilan di bawah Rp3 juta.

Daeng menuturkan, berdasarkan catatan IDI jumlah dokter di seluruh Indonesia ada sekitar 167 ribu orang.

Namun, 80% atau sekitar 130.000 diantaranya merupakan dokter umum yang mayoritas penghasilan mereka di bawah Rp3 juta.

"Mereka-mereka ini (dokter umum) yang berada di garda depan memang gajinya masih ada yang di bawah Rp3 juta," kata Daeng.

Meski begitu, Daeng mengatakan, tidak bisa membandingkan penghasilan dokter dengan juru parkir sebagaimana yang diungkapkan Prabowo Subianto.

Daeng menegaskan memang penghasilan dokter khususnya bagi dokter pemula dan umum masih minim.

"Kalau membandingkan saya tidak bisa, karena saya pribadi tidak tahu berapa gaji tukang parkir. Tapi ya itu tadi, dari laporan kawan-kawan di daerah memang gaji untuk dokter pemula dan umum itu kira-kira masih di bawah Rp3 juta. Apalagi kalau tidak ada insentif dari Pemerintah Daerah," imbuhnya.

Bersamaan dengan itu, Daeng berharap kepada kedua pasangan Capres dan Cawapres di Pilpres 2019 nantinya bisa lebih memperhatikan kesejahteraan dokter.

"Kami ingin nanti siapa pun yang terpilih bisa membantu biaya pendidikan bagi Fakultas Kedokteran. Jangan sampai dengan biaya mahal justru penghasilan dokter masih minim," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Prameks Jogja-Kutoarjo, Jumat 29 Maret 2024

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 03:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement