Advertisement

Tuduh Sandiaga Uno Bersandiwara Lagi, Jubir TKN Beberkan Data Pembiayaan Tol Cipali

Newswire
Rabu, 02 Januari 2019 - 14:37 WIB
Nina Atmasari
Tuduh Sandiaga Uno Bersandiwara Lagi, Jubir TKN Beberkan Data Pembiayaan Tol Cipali Ace Hasan. - Okezone/Harits Tryan

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA- Ungkapan cawapres Sandiaga Uno tentang Jalan Tol Cikampek-Palimanan, Jawa Barat, dibangun tanpa utang sama sekali, dibantah Juru Bicara Tim Kampanye Nasional Jokowi - Ma'ruf Amin, Ace Hasan Syadzily.

Ace dalam keterangan pers yang diterima Rabu menjelaskan, berdasarkan data, dana pembangunan tol ini antara lain dibiayai sindikasi 22 perbankan dan keuangan yang memasok Rp8,8 triliun untuk PT Lintas Marga Sedaya, di mana PT Saratoga perusahaan Sandi pemegang saham bersama perusahaan patungan dengan Malaysia.

Advertisement

Disebutkan, dalam sindikasi itu, Bank Central Asia (BCA) dan Bank DKI menjadi kreditor terbesar sehingga menjadi pemimpin sindikasi tersebut.

BCA mengucurkan Rp3,3 triliun, sementara Bank DKI mengucurkan Rp2,06 triliun. "Apakah kucuran dana dari perbankan itu bukan utang," kata Ace, Rabu (2/1/2019).

Ia mengatakan, skema seperti ini biasa dalam pembangunan infrastruktur yang dikenal dengan Public Private Partnership (PPP). Model seperti ini dalam pembangunan infrastruktur sudah dijalankan di era Presiden Jokowi. Hal tersebut juga berlaku hampir di semua proyek jalan tol di Jawa.

Menurut Ace, sekali lagi, ini menunjukkan Sandi tidak punya data. "Sandi mengulang-ulang sandiwara soal harga bahan pokok dan lapangan.

"Faktanya harga stabil bahkan saat Natal dan tahun baru. Pengangguran terbuka menurun justru di era Presiden Jokowi. Ini sandiwara Sandi yang kasetnya diputar terus menerus," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement