Advertisement

Puluhan Rumah di Kampung Cimapag Tertimbun Longsor, 4 Orang Tewas

Newswire
Senin, 31 Desember 2018 - 22:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Puluhan Rumah di Kampung Cimapag Tertimbun Longsor, 4 Orang Tewas Longsor di Cimapag, Sukabumi, Jawa Barat, Senin (31/12/2018). - Ist/BNPB via Okezone.com

Advertisement

Harianjogja.com, BANDUNG - Kampung Cimapag Sigaherong, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi dilanda longsor pada Senin (31/12/2018) sekira Pukul 17.30 WIB.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulisnya menyampaikan, hujan deras yang mengguyur sekitar Desa Sirnaresmi menyebabkan aliran permukaan di areal hutan dan persawahan.

Advertisement

Jenuhnya air menyebankan longsor perbukitan dan materialnya meluncur menuruni lereng kemudian menimbun sekitar 34 rumah kampung adat bagian bawahnya yaitu di Kampung Cimapag.

Menurut Sutopo, data sementara diperkirakan 8 orang tertimbun longsor, di mana 4 orang berhasil dievakuasi dalam kondisi meninggal dunia. "4 korban lainnya dalam upaya evakuasi namun terkendala cuaca hujan dan gelap karena malam. Selain itu listrik padam dan komunikasi seluler juga sulit. Upaya evakuasi akan dilanjutkan besok pagi," ujarnya.

BPBD Kabupaten bersama TNI, Polri, Basarnas, aparat setempat, relawan dan masyarakat melakukan evakuasi, pencarian dan penyelamatan korban. Pendataan masih dilakukan untuk memastikan jumlah korban dan rumah tertimbun longsor.

"Akses jalan menuju lokasi longsor jalanan yang terjal, berbatu dan ditambah cuaca hujan rintik menyulitkan tim untuk melakukan evakuasi. Posko BNPB terus memantau penanganan bencana dan berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Sukabumi dan BPBD Provinsi Jawa Barat," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pilkada Kulonprogo: Pendaftaran Panwascam Dibuka, Kebutuhan Formasi Menunggu Hasil Tes

Kulonprogo
| Sabtu, 27 April 2024, 07:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement