HARIAN JOGJA HARI INI: Guru Menjauh dari Semangat 45

Harian Jogja Hari Ini edisi 3.683, Senin Kliwon (26 November 2018). - Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah
26 November 2018 12:37 WIB Kusnul Isti Qomah News Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Indonesia baru saja memperingati Hari Guru, Minggu (24/11). Guru kini seolah menjauh dari semangat Kongres Guru Pertama yang diadakan 75 tahun lalu, beberapa bulan setelah proklamasi kemerdekaan.

Literasi Menangkal Disinformasi
Kasus pengelola akun media sosial menyebarkan hoaks dan ujaran kebencian terungkap di Tulungagung, Jawa Timur. Orang-orang dengan tingkat literasi rendah menjadi sasaran empuk dari akun tersebut. Literasi Internet menjadi tameng agar masyarakat tidak ditunggangi informasi hoaks yang digunakan untuk kepentingan tertentu.

Sidang Amdal Dipersoalkan
JOGJA—Protes warga Balirejo, Muja-Muju, Kecamatan Umbulharjo, Jogja terhadap pembangunan apartemen di wilayah mereka memasuki episode baru. Kali ini mereka menilai sidang Komite Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jogja menyalahi prosedur.

Sopir Taksi Argometer Kembali Resah
JOGJA—Sopir taksi yang tergabung dalam Perkumpulan Pengemudi Taksi Argometer Yogyakarta (Perpetayo) kembali resah menyusul adanya informasi masuknya sebuah perusahaan transportasi asal Jakarta ke wilayah Jogja. Mereka berharap Pemda DIY dapat membendung masuknya perusahaan luar DIY itu.

Proses Lambat, Polisi Klaim Butuh Saksi Ahli
BANTUL—Pemeriksaan kasus perusakan properti sedekah laut di kawasan Pantai Baru, Poncosari, Kecamatan Srandakan, Bantul sudah sebulan dilakukan, namun belum juga memunculkan identitas tersangka.

Hujan Datang, Cek EWS
WONOSARI—Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul mulai menggencarkan upaya antisipasi kebencanaan di musim hujan ini.

Semua Wilayah Harus Berkembang
GIRIMULYO-Badan Otorita Borobudur (BOB) merangkul semua wilayah dalam mengembangkan kawasan pariwisata khususnya di Kawasan Strategi Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur.

Harga BBM Nonsubsidi Segera Turun
JAKARTA—Permintaan pemerintah untuk menyesuaikan harga bahan bakar nonsubsidi kepada para badan usaha penjual BBM dinilai wajar. Situasi ini menyesuaikan dengan kondisi harga minyak dunia.

Penyaluran KUR di DIY Terus Didorong
JOGJA—Penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) di DIY diprediksi akan mencapai target. Terhitung dari target Rp2,5 triliun, pada Oktober lalu penyaluran KUR mencapai Rp2,4 triliun.

Lebih lengkap Anda dapat membaca Harian Jogja dalam versi cetak. Dapatkan Harian Jogja dengan harga Rp3.000 di agen terdekat.

Anda juga bisa mengakses versi digital dengan berlangganan di epaper.harianjogja.com.

Selamat membaca. Harian Jogja, Berbudaya, Membangun Kemandirian.