Advertisement

4 Anak Harimau Sumatra yang Lahir di Jerman Diperkenalkan ke Publik

Newswire
Sabtu, 24 November 2018 - 09:37 WIB
Kusnul Isti Qomah
4 Anak Harimau Sumatra yang Lahir di Jerman Diperkenalkan ke Publik Harimau Sumatra. - Bisnis Indonesia/Andi Rambe

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA- Sebanyak empat anak harimau Sumatra (Panthera tigris sumatrae) asli Indonesia yang lahir di Kebun Binatang Tierpark, Berlin, Jerman, 4 Agustus 2018, resmi diperkenalkan kepada publik pada Kamis (22/11/2018).

Empat bayi satwa asli Indonesia itu lahir dari sepasang harimau jantan dan betina, Harfan (10 tahun) dan Mayang (7 tahun), yang dipinjamkan pemerintah Indonesia kepada Jerman pada Desember 2013 sebagai salah satu bentuk kedekatan hubungan diplomatik kedua negara.

Advertisement

"Pelestarian harimau Sumatra di Tierpark Berlin adalah simbol kedekatan hubungan antara Indonesia dan Jerman. Upaya yang telah dilakukan Tierpark Berlin adalah kontribusi nyata dalam mendukung misi pemerintah Indonesia untuk melestarikan harimau Sumatra," kata Duta Besar Indonesia untuk Jerman Arif Havas Oegroseno seperti dikutip dalam keterangan pers KBRI Berlin yang diterima di Jakarta, Jumat (23/11/2018).

Dubes Havas beserta istri, Sartika Oegroseno, hadir bersama Direktur Kebun Binatang Tierpark Berlin Dr. Andreas Knieriem dan anggota Badan Eksekutif Sparkasse, Hans Jurgen Kularts, dalam acara perkenalan sekaligus pemberian nama empat bayi dari pasangan harimau Sumatra asal Indonesia tersebut.

Dari berbagai usulan yang masuk, Tierpark Berlin menunjuk Dubes Havas yang diberikan kesempatan pertama, kemudian Direktur Kebun Binatang Tierpark Andreas Knieriem, perwakilan Sparkasse, dan perawat harimau Sumatra di Tierpark Berlin untuk memilih nama bagi masing-masing anak harimau tersebut.

Keempat nama anak harimau Sumatra yang dipilih empat orang tersebut, berturut-turut adalah Kiara (betina), Willi (jantan), Oscar (jantan), dan Seri (betina).

Dalam sambutannya, Dubes Havas secara khusus mengapresiasi keberhasilan Kebun Binatang Tierpark dan Sparkasse, sebagai sponsor, yang telah berhasil melestarikan salah satu kekayaan bangsa Indonesia yang saat ini terancam punah.

Pada lingkungan dan iklim yang berbeda dari habitat asli spesies harimau di hutan hujan Sumatra, para ahli di Kebun Binatang Tierpark Berlin berhasil menciptakan habitat yang serupa sehingga pasangan harimau Harfan dan Mayang dapat hidup dengan baik serta berhasil memiliki empat anak yang sehat.

Menurut Dr Andreas Knieriem, habitat baru tersebut dirancang sedemikian rupa agar mirip dengan hutan hujan yang selalu hijau atau "evergreen rainforest".

"Harapan kami para anak harimau dapat tumbuh dan berkembang lebih baik seolah-olah mereka berada di habitat aslinya. Selain itu, evergreen rainforest ini juga memberikan perspektif baru dan fakta yang menakjubkan bagi para pengunjung tentang satwa-satwa yang tinggal di hutan tersebut," kata dia.

Knieriem menambahkan, harimau Sumatra yang tumbuh di habitat buatan Tierpark Berlin tidak hanya membantu upaya pelestarian spesies tersebut, tetapi juga dapat menjadi daya tarik bagi publik Jerman untuk lebih mengenal Indonesia.

"Ini sekaligus awal bagi mereka [empat bayi harimau Sumatra] untuk mengenali habitat baru yang dikelilingi bebatuan," kata dia.

Biasanya, anak harimau baru dapat dipisahkan dari induknya saat mencapai usia sekitar dua tahun, namun pada 2019, rencananya empat bersaudara Kiara, Wili, Oscar, dan Seri akan dipindahkan ke Tierpark's New Rainforest House yang bertempat di Gedung Alfred Brehm.

Berdasarkan data yang dirilis KBRI Berlin, pada 2018, populasi harimau Sumatra diperkirakan mencapai 600 ekor, atau meningkat dari jumlah tahun-tahun sebelumnya yang hanya sekitar 400 ekor.

Indikasi peningkatan tersebut, antara lain dilihat dari nilai kepadatan populasi harimau Sumatra yang berada di angka 1,6 per 100 km persegi pada 2002 menjadi 2,8 per 100 km persegi pada 2015.

"Kita menargetkan pada tahun 2022 nanti dapat menggandakan populasi harimau Sumatra," kata Dubes Havas.

Pemerintah Indonesia saat ini juga mencanangkan program untuk dapat menghitung secara persis jumlah populasi harimau Sumatra di hutan-hutan yang telah ditetapkan sebagai fokus pelestarian satwa tersebut.

Tidak sekadar jumlah, namun data-data yang terkumpul melalui program itu juga memungkinkan identifikasi populasi harimau Sumatra berdasarkan jenis kelamin sehingga lamgkah-langkah pelestarian dapat dilakukan dengan lebih terarah.

"Kerja sama untuk pelestarian satwa langka Indonesia ini akan terus kita tingkatkan dan kembangkan. Tidak hanya dengan Tierpark Berlin, tetapi juga dengan seluruh kebun binatang yang ada di Jerman. Tidak hanya harimau Sumatra, pelestarian satwa langka lainnya juga akan dikerjasamakan dengan Jerman," kata Dubes Havas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pilkada 2024, PDIP DIY Tegaskan Terbuka Bekerja Sama dengan Partai Lain

Jogja
| Selasa, 23 April 2024, 13:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement