PMI Terima Rp1 Miliar untuk Disalurkan ke Sulteng

Ilustrasi Palang Merah Indonesia - Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah
12 November 2018 14:17 WIB Sunartono News Share :

Harianjogja.com, JOGJA-Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat menerima bantuan sebesar Rp1 miliar dari PT Donggi Senoro LNG (DSLNG) untuk disalurkan kepada korban bencana gempa dan tsunami di Palu, Sigi, dan Donggal Sulawesi Tengah (Sulteng). Bantuan itu diberikan untuk penanganan rehabilitasi pascamusibah tersebut.

Direktur Urusan Korporat PT DSLNG Aditya Mandala menjelaskan, donasi sebesar Rp1 miliar itu secara simbolis telah diserahkan kepada Ketua PMI Ginandjar Kartasasmita di Kantor PMI Jakarta pada pekan lalu. Ia memercayakan sepenuhnya kepada PMI untuk pendistribusian bantuan tersebut. Donasi itu diharapkan dapat membantu melakukan penanganan pada tahap rehabilitas pasca bencana.

"Kami berharap bantuan ini dapat membantu saudara kita yang tertimpa musibah, untuk membantu penanganan rehabilitasi, sehingga kondisinya bisa segera normal. Kami serahkan ke PMI," terangnya dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Senin (12/11/2018).

Alumnus SMAN 3 Jogja ini menambahkan pada masa tanggap darurat, pihaknya juga mengirim relawan mulai dari dokter, tenaga kesehatan hingga karyawan untuk membantu melakukan evakuasi. Tim yang melalui koordinasi Kementerian ESDM itu telah mengaktifkan puskesmas di Palu Barat untuk memberikan bantuan kepada para korban dan masyarakat pada umumnya.

"Kami selama dua pekan tim kesehatan itu memberikan layanan kesehatan kepada ribuan warga dan memberikan imunisasi antitetanus kepada warga mulai dari korban hingga relawan yang diberikan vaksin, sekitar 350 orang yang divaksin," katanya.

Pihaknya juga membantu sarana prasarana fisik dengan membangun 11 sumur bor dengan kedalaman masing-masing 4 meter di Palu, Sigi dan Donggala untuk mendukung penyediaan air bersih. Di sekitar sumur tersebut juga disediakan bak penampungan berukuran besar untuk mensuplai stok air bersih. Selain itu, karyawannya juga melakukan penggalangan dana bantuan dan berbagai kebutuhan pokok lainnya untuk disalurkan kepada korban.

"Bantuan ini sebagai wujud kepedulian kami atas musibah ini, kebetulan wilayah kami juga beroperasi di Sulteng, jadi kami semua tergerak untuk membantu dan murni sosial," katanya.