Advertisement

Kata Habibie Soal Arah Pengembangan Riset dan Teknologi di Indonesia Saat Ini

Arif Gunawan
Sabtu, 11 Agustus 2018 - 11:50 WIB
Bhekti Suryani
Kata Habibie Soal Arah Pengembangan Riset dan Teknologi di Indonesia Saat Ini Mantan Presiden BJ Habibie memberikan sambutan dalam pembukaan peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke-23 2018 yang digelar di Pekanbaru, Riau Jumat (10/8/2018). Habibie menyatakan pemerintah sudah dalam jalur yang benar untuk pengembangan riset dan teknologi. - Bisnis.com/Arif Gunawan

Advertisement

Harianjogja.com, PEKANBARU – Bagaimana arah pengembangan riset dan teknologi (ristek) di Indonesia saat ini? Tokoh bidang Iptek memberikan pandangannya. 

Mantan Presiden Indonesia BJ Habibie mengaku program pemerintah saat ini, khususnya di bidang pengembangan riset dan teknologi (ristek), sudah berada on the right track.

Advertisement

Habibie menyatakan hal itu saat memberikan sambutan dalam pembukaan peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-23 2018 di Pekanbaru, Riau, pada Jumat (10/8/2018).

"Saya bersyukur masih dapat berdiri di sini [Pekanbaru], menyaksikan semua pengembangan dan melihat para anak muda, sudah seusia cucu saya. Sekarang saya 82 tahun, naik tangga saja sudah susah, tapi semangat saya 28 [tahun]," ucapnya disambut tepuk tangan peserta peringatan Hakteknas.

Dia bersyukur karena masih berkesempatan melihat langsung perkembangan riset dan teknologi anak bangsa yang semakin maju, di kala rekan-rekan sejawatnya sesama peneliti sudah lebih dulu kembali menghadap ke Yang Mahakuasa.

Dengan perkembangan riset dan teknologi nasional yang ditopang oleh pemerintah melalui Kemenristekdikti, Habibie menilai pemerintah sudah di jalur yang benar dalam mendorong kemajuan bangsa.

Poin lain yang disoroti Habibie yaitu kebangkitan teknologi di Tanah Air sudah sampai pada tahap memberikan kebebasan seluas-luasnya kepada anak bangsa untuk dapat memilih riset dan penelitian bidang yang akan dikembangkan.

"Kita sudah sampai pada detik-detik bangsa ini mampu memberikan kebebasan kepada dirinya dan mampu melihatkan kepada dunia bahwa anak bangsa ini tidak berbeda dengan bangsa lain, tapi setara," tuturnya.

Adapun BJ Habibie sudah hadir sejak Kamis (9/8/2018) lalu di Pekanbaru untuk menghadiri rangkaian Hakteknas ke-23, sekaligus ikut dalam perayaan HUT Riau ke-61.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Mudik Lebaran, Gunungkidul Bakal Dijejali 154.000 Kendaraan

Gunungkidul
| Kamis, 28 Maret 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement