Advertisement

Menlu Tegaskan Indonesia-Israel Tak Ada Hubungan Diplomatik

Newswire
Sabtu, 02 Juni 2018 - 10:00 WIB
Galih Eko Kurniawan
Menlu Tegaskan Indonesia-Israel Tak Ada Hubungan Diplomatik Menlu Retno LP Marsudi di Kantor Presiden - JIBI/Akhirul Anwar

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menegaskan Pemerintah Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel dan tetap membela Palestina mencapai kemerdekaan.

“Indonesia akan terus bersama Palestina dalam perjuangan mereka untuk mendapatkan kemerdekaan dan hak-hak mereka. Jadi keberpihakan politik luar negeri Indonesia terhadap Palestina sudah sangat jelas,” ujar Menteri Retno di kantor Kemenlu, Jakarta, Jumat (1/6/2018).

Advertisement

Retno menepis isu negosiasi rahasia yang membahas hubungan diplomatik antara Indonesia dengan Israel. Indonesia tidak pernah memiliki hubungan diplomatik dengan Israel, kata Menlu menegaskan.

Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly menjelaskan adanya penolakan visa 53 warga negara Israel yang ingin masuk ke Indonesia. “Jadi benar ada warga negara Israel yang tidak diberikan visanya, dan itu adalah kewenangan Indonesia sebagai negara," ujar Yasonna.

Kemudian terkait dengan larangan warga negara Indonesia untuk berkunjung ke Yerusalem, Yasonna menyatakan kekecewaannya atas keputusan otoritas Israel itu. “Menjadi hak setiap negara untuk menerima atau menolak visa dari negara, warga negara mana pun. Jadi dengan sangat menyesal itu adalah kebijakan dari Israel dan kita juga punya kewenangan untuk mempunyai hal yang sama dengan menerima atau menolak visa," ujar Menkumham.

Sebelumnya beredar kabar bahwa otoritas Israel melarang visa WNI berkunjung ke wilayah Yerusalem maupun sebagai turis yang hendak berziarah ke wilayah yang merupakan tempat kelahiran tiga agama itu. Peraturan kontroversial itu rencananya mulai diberlakukan pada 9 Juni 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembali Tampil di Pilkada Gunungkidul Tahun Ini, Ini Gagasan yang Diusung Sutrisna Wibawa

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement