Tambang Batu Bara di Pakistan Meledak, 16 Pekerja Tewas

Korban ledakan tambang batu bara di Pakistan. - REUTERS/Naseer Ahmed
06 Mei 2018 14:39 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, PAKISTAN-Terjadi ledakan di satu tambang batu bara di bagian barat daya Pakistan. Menurut beberapa pejabat, sebanyak 16 pekerja tambang tewas pada Sabtu dan lebih 10 orang lainnya masih terperangkap.

Ledakan di penambangan batu bara Marwar di Provinsi Baluchistan disebabkan oleh penumpukan gas metan di dalam tambang tersebut, kata Direktur Manajemen Bencana Attaullah Khan.

"Kami telah menemukan 11 mayat dan loima lainnya masih di teempat penambangan," kata Khan.

Usaha-usaha untuk menyelematkan para penambang yang terperangkap masiah sedang dilakukan, kata Kela Inspektur Penambangan Iftikhar Ahmad. Menurut dia, dua pekerja tambang meninggal dalam tanah longsor di dekat tempat penambangan lain di dekatnya. Belum segera diketahui jelas apakah hal itu disebabkan oleh ledakan tersebut.

Kecelakaan di tempat-tempat penambangan sering terjadi di provinsi itu. Langkah-langkah keselamatan menjadi perhatian dan banyak buruh direkrut dari bagian-bagian lain di Pakistan.

Sebagian besar tempat penambangan itu dimiliki oleh badan usaha milik negara Pakistan Development Corporation, yang menyewakan banyak di antaranya kepada kontraktor swasta.

Negara itu memiliki cadangan batu bara relatif cukup besar dengan perkiraan lebih 184 juta ton dan memperoduksi empat juta ton batu bara per tahun.

Tempat-tempat penambangan batu baru Marwar terletak sekitar 60 km sebelah timur Quetta, ibu kota Baluchistan.

Sumber : Antara