Advertisement

Kedatangan Tenaga Kerja Asing Bakal Membawa Dampak Positif

Deandra Syarizka
Selasa, 10 April 2018 - 15:10 WIB
Laila Rochmatin
Kedatangan Tenaga Kerja Asing Bakal Membawa Dampak Positif Ilustrasi wisuda mahasiswa. (Reuters - Fabian Bimmer)

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Kedatangan tenaga kerja asing di Indonesia bakal membawa angin segar. Termasuk masuknya tenaga pengajar atau dosen di perguruan tinggi lokal.

Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menilai kehadiran tenaga kerja asing sebagai tenaga pengajar di perguruan tinggi akan berdampak baik pada pendidikan.

Direktur Jenderal Sumber Daya Iptek dan Pendidikan Tinggi Kemenristekdikti Ali Ghufron menyambut baik penerbitan Peraturan Presiden No.20/2018 tentang Penggunaan Tenaga Kerja Asing.

“Kalau dijalankan perpres yang ada [Perpres No.20/2018] pasti bagus. Sekarang tinggal bagaimana mengendalikan pelaksanaannya,” ujarnya ketika dihubungi Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI), Selasa (10/4/2018).

Dia menjelaskan pada dasarnya sejumlah perguruan tinggi kerap mengundang profesor kelas dunia sebagai dosen tamu di Indonesia. Namun untuk menjadi dosen tetap, pihaknya mengaku tetap akan menetapkan sejumlah persyaratan yang akan diatur lebih lanjut. Namun, pihaknya belum menjabarkan sejumlah persyaratan yang dimaksud.

“Kami baru memproses bahwa dosen itu bisa mengajar di Indonesia selama memenuhi persyaratan, seperti tentu mendapatkan izin,” ujarnya.

Seperti diketahui, sejumlah universitas asal Eropa, Taiwan, dan Australia disebut tengah menjajaki kemungkinan pembukaan perguruan tinggi di Tanah Air. Universitas asal Eropa yang dimaksud antara lain University of Cambridge, dan Imperial College London.

Hingga saat ini, setidaknya dua perguruan tinggi asal Australia telah menyatakan minatnya untuk mendirikan perguruan tinggi di Indonesia. Mereka adalah Royal Melbourne Institute of Technology (RMIT) University dan Melbourne University.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pemkab Sleman Berupaya Mempercepat Penurunan Angka Stunting

Sleman
| Jum'at, 19 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement