KORBAN MERCON : Tiup Mercon, Bocah SD di Kulonprogo Luka Bakar Serius di Wajah

02 Juli 2015 19:20 WIB Sunartono News Share :

Korban mercon di Kulonprogo adalah seorang siswa kelas 5 SD. Ia mengalami luka bakar serius di wajah
Harianjogja.com, SLEMAN - TS bocah kelas lima sekolah dasar menderita luka bakar di wajahnya akibat terkena ledakan mercon. Peristiwa itu menimpa korban saat bermain mercon di depan rumahnya Dusun Tegiri, Desa Hargowilis, Kokap, Kulonprogo, Minggu (28/6/2015) lalu.

Misyrem, 50, orangtua TS mengatakan, peristiwa berawal saat anaknya membeli mercon dengan ukuran sebesar baterai lampu atau diameter sekitar lima sentimeter. Mercon itu dibeli dengan harga Rp5.000 perbutirnya. Pada awalnya, TS membawa mercon itu untuk disulut bersama teman-temannya sembari buka puasa di Masjid.

"Tapi tidak nyala, lalu mercon itu dibawa pulang," ungkapnya saat ditemui di RSUP Sardjito Jogja, Kamis (2/6/2015).

Ia menambahkan, sesampai di rumah sepulang dari Masjid, TS bermaksud kembali menyulut mercon yang dibawanya. Ia sempat mencari korek api namun tidak menemukan. Akhirnya, ia  menyalakannya dengan daun kering dengan mengambil api dari dapur. Dengan dedaunan itu api kemudian disulut ke mercon tapi masih tidak meledak.

Kemudian TS mengambil mercon itu dan meniupnya beberapa kali. Secara mendadak, mercon itu meledak hingga mengenai wajahnya.

"Ledakannya keras sekali, saya juga kaget. Setelah itu dia berteriak memanggil-manggil saya dengan keadaan wajahnya terbakar," imbuh dia.

Saat itu juga TS langsung dibawa ke RSUD Wates, Kulonprogo namun kemudian dirujuk ke RSUP Sardjiro agar bisa ditangani secara intensif. Hingga Kamis (2/6/2015) kemarin TS masih dirawat di ICU khusus pasien dengan luka bakar.