UJIAN SD 2015 : Pelaksanaan USDA di Jogja Lebih Tertib

Petugas menata kardus-kardus berisi naskah Ujian Nasional Sekolah Dasar (UN SD) sebelum dimasukkan ke gudang penyimpanan sementara di Mapolres Tulungagung, Jawa Timur, Selasa (12/5/2015). UN SD yang secara nasional bakal digelar serentak Senin (18/5/2015) hingga Rabu (20/5/2015) pekan depan, di daerah tersebut akan diikuti 17.001 siswa di 763 SD dan madrasah ibtidaiyah. (JIBI/Solopos/Antara - Destyan Sujarwoko)
19 Mei 2015 12:40 WIB News Share :

Ujian SD 2015 di Jogja berjalan tertib.

Harianjogja.com, JOGJA-Pelaksanaan Ujian Sekolah Daerah (USDA) di Jogja berjalan lancar. Sekalipun, terdapat satu orang siswa yang mengikuti ujian di rumah sakit dan dua orang siswa tidak hadir karena sakit.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Jogja Edy Heri Suasana mengatakan secara keseluruhan pelaksanaan ujian berjalan lancar dan tertib. "Secara teknis, pencetakan naskah soal dan penggunaan kertas juga bagus," ujarnya, Senin (18/5/2015).

Terkait siswa yang mengikuti ujian di rumah sakit, terangnya, didahului dengan persetujuan dari dokter rumah sakit, kemudian soal dikirim ke rumah sakit oleh penyelenggara dan diawasi oleh pengawas ruang yang ditunjuk berdasarkan surat tugas.

"Jadi dipastikan semua berjalan dengan prosedur," tutur Edy.

Ia menyebutkan USDA di Jogja diikuti 7.356 siswa. Pengamanan soal, terangnya, dilakukan setiap hari selama 24 jam sejak Jumat sampai Rabu (15-20/5) dengan melibatkan unsur UPT Pengelola TK-SD, tim dari kepala SD, aparat keamanan, dan dipantau oleh Disdik Jogja.

Kepala SDN Demangan Baru Haryanto mengakui pelaksanaan USDA tahun ini lebih tertib. Salah satu tolok ukurnya, tidak ada satu pun siswa yang absen selama delapan kali latihan USDA.

"Hari ini saat pelaksanaan juga seluruh siswa ikut," imbuhnya. Haryanto menyebutkan siswa kelas VI di sekolahnya berjumlah 83.