SABDA RAJA : Sultan Benarkan Pembayun Putri Mahkota

06 Mei 2015 11:43 WIB Ujang Hasanudin News Share :

Sabda Raja mengenai Pembayun sebagai Putri Mahkota dibenarkan Sri Sultan HB X.

Harianjogja.com, JOGJA-Raja Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat Sri Sultan Hamengku Buwono X membenarkan putri sulungnya Gusti Kanjeng Ratu Pembayun menjadi putri mahkota yang akan meneruskan tahta. (Baca Juga : http://jogja.solopos.com/baca/2015/05/05/gkr-pembayun-jadi-putri-mahkota-bergelar-gkr-mangkubumi-601293">GKR Pembayun Jadi Putri Mahkota, Bergelar GKR Mangkubumi)

"Kan sudah tahu jangan tanya lagi," kata Sultan saat ditanya wartawan kebenaran pengangkatan Pembayun menjadi putri Mahkota di Komplek Kepatihan, Rabu (6/5/2015)

Sultan mengungkapkan saat ini dirinya ingin mengetahui lebih dahulu reaksi masyarakat.

"Biar sekarang yang enggak setuju [Pembayun jadi Putri Mahkota] muncul dulu, saya ingin lihat dulu" kata Sultan

Disinggung soal komunikasi dengan para adik, Sultan menyatakan sudah mengundang adik-adiknya dua kali (dalam prosesi Sabda Raja), namun tidak hadir.

Sultan tidak mempersoalkan jika ada yang tidak setuju dengan keputusannya. "Orang lain yang tidak setuju juga boleh," tandas Gubernur DIY ini.

Diketahui sejumlah kerabat Sultan, Seperti GBPH Prabukusumo, GBPH Yudhaningrat tidak hadir dalam acara penobatan Pembayun menjadi putri mahkota bergelar GKR Mangkubumi Hamemayu Hayuning Bawono Langgeng Ing Mataram, Selasa (5/5/2015) di Siti Hinggil, Komplek Kraton.

Namun Sultan mengaku sudah berusaha mengundangnya, "Sudah dua kali diundang," ucapnya.