UN 2015 : 4 SMP di Kulonprogo Tak Dapat Selenggarakan UN

04 Mei 2015 14:20 WIB Rima Sekarani News Share :

UN 2015, sebanyak empat SMP di Kulonprogo harus bergabung dengan sekolah lain.

Harianjogja, KULONPROGO—Sebanyak empat SMP/Mts di Kulonprogo belum diizinkan jadi penyelenggara Ujian Nasional (UN) secara mandiri. Mereka harus bergabung dengan sekolah lain karena belum terakreditasi. Jumlah 79 sekolah penyelenggara UN SMP pun berubah menjadi 75 sekolah. SMP/Mts yang belum terakreditasi yakni SMP VIP Pesawat Wates, Mts Ma'arif Nuruh Haromain, SMP Muhammadiyah 2 Kokap dan SMP Kanisius Samigaluh.

“Sekolah-sekolah itu akan mengikuti di sekolah lain paling dekat,” ungkap Kepala Sub Bagian Perencanaan Dinas Pendidikan Kulonprogo, Taryono, Sabtu (2/5/2015).

SMP VIP Pesawat Wates bergabung dengan SMP Negeri 4 Wates, Mts Ma’arif Nurul Haromain bergabung dengan Mts Muhammadiyah Sentolo, SMP Muhamadiyah 2 Kokap bergabung dengan dengan SMP Muhammadiyah 1 Kokap, dan SMP Kanisius Samigaluh bergabung dengan SMP Negeri 1 Samigaluh.

Pelaksana Tugas Kepala SMP VIP Pesawat Wates, Muhamad Mustofa, mengakui penggabungan hanya sampai pada susunan panitia penyelenggara dan kelengkapan administrasi. UN untuk 35 murid akan tetap dilaksanakan di gedung SMP VIP Pesawat Wates.

“Akhirnya diizinkan dengan beberapa pertimbangan. Kami [SMP VIP Pesawat Wates] dipandang memenuhi persyaratan. Namun, urusan administrasi tetap mengikuti SMP Negeri 4 Wates,” ucapnya.
Kondisi psikologis siswa menjadi alasan utama SMP VIP Pesawat Wates berusaha diizinkan melaksanakan UN di gedung sendiri.