KAMPUS JOGJA : UII-UOG Inggris Kerja Sama untuk Masalah Ini

14 Maret 2015 23:15 WIB Redaksi Solopos News Share :

Kampus Jogja, UII dan UOG Inggris bekerja sama untuk bidang pendidikan-penelitian.

Harianjogja.com, JOGJA - Universitas Islam Indonesia (UII) Jogja dan University of Glouscestershire (UOG), Cheltenham, Inggris, menjajaki kerja sama dalam bidang pendidikan dan penelitian.

"Kerja sama yang sedang dijajaki itu antara lain dalam bentuk pertukaran staf dan mahasiswa, seminar
internasional, penelitian bersamam dan 'double degree' untuk program master dan doktor," kata Rektor UII Harsoyo, Jumat (13/3/2015).

Hal itu disampaikan Harsoyo saat menerima kunjungan delegasi University of Glouscestershire (UOG) yakni Senior Lecture in Hospitality Management Faculty of Applied Science Nadine Sulkowski dan International Development Adviser Dhoun Mahza Azahari.

Harsoyo mengatakan dalam pertemuan tersebut dibahas terkait dengan perpanjangan nota kesepahaman yang sudah berakhir pada 2014 serta penjajakan kemungkinan kerja sama lain yang bisa dilakukan.

"Kerja sama antara UOG dengan UII pada dasarnya sudah dimulai sejak Juni 2010, ketika Rektor UII pada waktu itu berkunjung ke UOG dalam rangka penandatanganan nota kesepahaman terkait dengan program 'dual degree' Program Studi Akuntansi dan Manajemen International Program Fakultas Ekonomi UII," katanya.

Kerja sama tersebut, kata dia, dilanjutkan dengan kunjungan delegasi dari UOG ke UII pada November 2013, masih dengan pembahasan yang sama yakni implementasi program "dual degree" untuk Program Studi Akuntansi dan Manajemen.

Menurut dia, kerja sama tersebut kemudian membuahkan hasil karena UII selanjutnya mengirimkan dua mahasiswa untuk mengikuti program tersebut. Kedua mahasiswa itu saat ini sudah selesai dan sukses dengan karir mereka masing-masing.

"Kerja sama antara UII dan UOG itu ke depan bisa diperluas, dan mencakup program studi lain di lingkungan UII," katanya.

Nadine Sulkowski mengatakan kerja sama yang dilakukan bukan hanya terkait dengan pembelajaran mahasiswa tetapi juga ada aspek lain yang sebenarnya juga sangat penting yakni pendidikan karakter untuk mahasiswa.