Unriyo Beri Layanan Pendidikan Kesehatan BPJS

Ilustrasi layanan BPJS (JIBI - Dok)
12 Maret 2015 01:20 WIB Bernadheta Dian Saraswati News Share :

Universitas Respati Yogyakarta (Unriyo) dijadwalkan akan memberikan pelayanan pendidikan kesehatan BPJS kepada masyarakat

Harianjogja.com, JOGJA-130 Mahasiswa Prodi S-1 Kesehatan Masyarakat Universitas Respati Yogyakarta (Unriyo) dijadwalkan memberi pelayanan pendidikan kesehatan BPJS kepada masyarakat di Kecamatan Wedomartani, Ngemplak, Sleman, Sabtu (14/3/2015). Kegiatan itu dilakukan dalam rangka pengabdian masyarakat.

"Kegiatan ada senam bersama, pemeriksaan kesehatan, konsultasi kesehatan, pendidikan kesehatan BPJS, dan pendidikan pengelolaan sampah," kata Humas Unriyo, Farida Nur Aini, Rabu (11/3/2015).

Pengabdian Masyarakat sudah dilaksanakan sejak Senin (2/3/2015) dan akan berakhir Jumat (20/3/2015). "Gongnya [puncaknya] besok Sabtu ini. Semua warga kecamatan akan berkumpul," lanjut Farida.

Sejak pekan kemarin, mahasiswa yang didampingi dosen telah melakukan banyak kegiatan di semua dusun di Kecamatan Wedomartani. Termasuk penyuluhan kesehatan. Mahasiswa terbagi atas 19 kelompok untuk tinggal diĀ  19 dusun bersama masyarakat.

Sabtu ini, lanjut Farida, semua warga di kecamatan akan dikumpulkan di balai kecamatan untuk diberi pemeriksaan gratis. "Jadi kegiatan tingkat desa," ungkap dia.

Farida mengatakan, kegiatan pengabdian masyarakat tidak menggantikan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Prodi Kesehatan Masyarakat memiliki agenda tahunan bagi dosen dan mahasiswanya untuk mengaplikasikan ilmu kesehatan kepada masyarakat.