KURIKULUM 2013 DIHENTIKAN : Masa Transisi Hanya Sepekan

Kepala SD Mustokorejo di Maguwoharjo, Depok, Sleman, Marsudi menunjukkan buku-buku Kurikulum 2013 untuk semester genap yang sudah sampai ke sekolah, Jumat (23/1/2015). (JIBI/Harian Jogja - Rima Sekarani I.N.)
25 Januari 2015 14:20 WIB Rima Sekarani News Share :

Kurikulum 2013 dihentikan, masa transisi hanya seminggu.

Harianjogja.com, SLEMAN-Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Sleman memberikan tenggang waktu maksimal satu minggu untuk masa transisi dari Kurikulum 2013 menuju Kurikulum 2006 kembali. Proses peralihan harus dilakukan secepat mungkin agar pembelajaran di sekolah tidak terhambat.

“SMP, SMA, dan SMK kami beri waktu satu minggu dari sekarang. SD malah kami minta sudah siap pada Selasa atau Rabu pekan depan. Sebab, saya pikir persiapan yang dibutuhkan lebih sedikit,” kata Kepala Disdikpora Sleman, Arif Haryono, saat ditemui wartawan di kantornya, Jumat (23/1/2015).

Menurut Arif, masa transisi dibutuhkan untuk melakukan berbagai penyesuaian terkait proses pembelajaran. Misalnya penyediaan buku bahan ajar, penyusunan struktur tugas guru, konversi sistem penilaian, hingga beberapa mata pelajaran yang mungkin perlu matrikulasi.

“Besok pagi (Sabtu), masing-masing sekolah melakukan rapat koordinasi dengan guru untuk mengambil langkah cepat,” katanya memaparkan.

Terpisah, Kepala SD Negeri Mustokorejo, Marsudi mengatakan, dia dan seluruh kepala sekolah lain di Maguwoharjo, Depok, Sleman telah mengadakan pertemuan pada Kamis (22/1/2015).

“Besok kami juga ada pertemuan dengan kepala sekolah seluruh Kecamatan Depok. Setelah itu baru kami melangkah untuk persiapan kembali ke Kurikulum 2006,” ucapnya kepada Harianjogja.com, Jumat pagi.