UGM dan KNU Korea Kembangkan Peternakan di Gunungkidul

11 Januari 2015 20:20 WIB Bernadheta Dian Saraswati News Share :

UGM dan KNU Korea melakukan kerjasama pengembangan peternakan di Gunungkidul

 

Harianjogja.com, JOGJA-Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada (UGM) bekerja sama Center for Animal Life Senary Industry Specialization, Kangwon National Univercity (KNU), Korea, mengembangkan usaha peternakan di Tepus, Gunung Kidul.

 

Kegiatan sejak Jumat (9/1/2015) sampai Sabtu (17/1/2015) ini merupakan bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat.

 

Kegiatan diikuti 18 mahasiswa dan 2 dosen KNU, 18 mahassiwa peternakan serta 4 mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya UGM.

 

“Mereka akan membantu peternak, seperti membuat kandang kambing, terlibat dalam diskusi dengan peternak, dan berinteraksi dengan keluarga peternak untuk bertukar pengalaman,” kata Dekan Fakultas Peternakan, Ali Agus, Jumat (9/1/2015).

 

Lebih lanjut pihaknya menjelaskan bahwa kegiatan ini sebagai sarana memperkuat kerjasama antar kedua Universitas, menambah wawasan dan pengalaman mahasiswa dalam berinteraksi langsung dengan masyarakat.

 

“Mahasiswa Korea bisa merasakan berbagai kondisi yang berbeda dari negaranya baik kondisi sosial ekonomi, iklim, cara hidup, dan fasilitas,” imbuh Ali.

 

Sementara itu Jai In, dosen KNU, berharap agar mahasiswanya dapat belajar bersama dan memperoleh pengalaman dari masyarakat terpencil. Semoga mereka dapat memaknai kondisi ekonomi masyarakat Tepus yang sulit, baik dari segi ekonomi dan terlebih dalam mendapatkan air.