7 Siswa SMK Ngawi Sakit Usai Santap MBG, Ini Penjelasan Polisi
Tujuh siswa SMK Pamardi Siwi 2 Ngrambe, Ngawi, mengalami mual, muntah dan pusing setelah makan MBG. Sampel makanan diuji di laboratorium.
Ilustrasi seorang barista menunjukkan kopi buatannya/Freepik.com
Harianjogja.com, JAKARTA – 1 Oktober diperingati sebagai Hari Kopi Sedunia.
Kopi memberikan efek langsung sehingga tubuh lebih berenergi. Kandungan kafein dalam kopi seringkali minuman ini mengganggu siklus tidur. Konsumsi kopi yang cukup sekitar 2-3 gelas sehari tidak akan memberikan dampak buruk, justru Anda akan mendapat banyak manfaat.
Berikut 8 manfaat kopi untuk kesehatan tubuh seperti dilansir dari situs Latestly, Jumat (1/10/2021).
Peneliti dari Seoul National University menemukan bahwa kopi memiliki kendali pada protein di otak yang bertanggung jawab terhadap stres. Tak hanya itu, kopi juga dapat mengatasi kelelahan akibat kurang tidur.
Konsumsi kopi setiap hari, berdasarkan penelitian, memiliki risiko 10 persen lebih rendah terkena depresi. Hal ini bukan hanya karena kafein yang terkandung, namun antioksidan dalam kopi dapat memperbaiki suasana hati Anda.
Biji kopi memiliki fungsi sebagai eksfoliator yang akan mengangkat sel kulit mati. Penggunaan dalam bentuk masker maupun scrub akan membuat kulit wajah menjadi halus dan glowing.
Kopi terbukti dapat membantu dalam pengobatan penyakit parkinson serta menurunkan risiko penyakit parkinson.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada 2006, orang yang minum kopi setiap hari memiliki risiko 20 persen lebih rendah terkena sirosis hati. Penyakit ini disebabkan karena konsumsi alkohol berlebihan.

Kopi telah terbukti untuk meningkatkan sirkulasi asam lemak di dalam darah dan akan memperkuat stamina tubuh untuk beraktivitas seharian.
Studi yang dilakukan oleh American Chemical Society, konsumsi kopi setiap hari dapat menurunkan 50 persen risiko terkena diabetes tipe 2.
Melansir dari Latestly, penelitian oleh University of South Florida and Miami menemukan bahwa lansia dengan usia 65 tahun ke atas yang minum kopi setiap hari memiliki risiko lebih rendah terkena Alzheimer.
Beragam manfaat dari kopi memang sangat baik, namun perlu diingat juga bahwa kopi bersifat adiktif. Anda wajib mengontrol konsumsi kopi agar tidak belebihan. Kafein dalam kopi dapat meningkatkan detak jantung bahkan menyebabkan sakit kepala.
Konsumsi kopi yang cukup lebih baik daripada berlebihan, begitu pula pada semua jenis makanan dan minuman. Selamat menikmati kopi hari ini!
Cek Berita dan Artikel yang lain di Harian Jogja, dan edisi cetak versi elektronik kami hadir di Epaper Harian Jogja.
Sumber : JIBI/Bisnis.com
Tujuh siswa SMK Pamardi Siwi 2 Ngrambe, Ngawi, mengalami mual, muntah dan pusing setelah makan MBG. Sampel makanan diuji di laboratorium.
Satpol PP Bantul menemukan 2.704 batang rokok ilegal di dua warung di Sanden dalam operasi bersama Bea Cukai Yogyakarta.
Tim SAR masih mencari lima penumpang KMP Putri Yasmin yang belum ditemukan setelah kapal terbakar di Selat Lombok, NTB.
KPK menggeledah Kanwil Pajak Surakarta dan sejumlah lokasi di empat daerah terkait kasus pajak Banjarmasin. Emas 1,3 kg turut disita.
Gelombang tinggi kembali menyumbat aliran air di Sanden dan Kretek, Bantul. Sekitar 55 hektare lahan pertanian kembali tergenang.
BNN menangkap MR alias Bos Gendut, buronan pemilik 98 kg sabu di Kampung Bahari. Sejumlah aset dan barang bukti turut disita.