Advertisement

Soal CVR Lion Air, KNKT: Agustus Kita Harapkan Selesai

Newswire
Selasa, 22 Januari 2019 - 03:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Soal CVR Lion Air, KNKT: Agustus Kita Harapkan Selesai Black box Lion Air PK-LQP penerbangan JT 610 . - Okezone/Arif Julianto

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) sampai saat ini masih menstranskrip cockpit voice recorder (CVR) Lion Air PK-LQP nomor penerbangan JT 610. Ditargetkan laporan final soal black box berisi CVR ini bisa selesai Agustus 2019. 

Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono mengatakan saat ini KNKT masih mentranskrip CVR yang berisi rekaman percakapan awak pesawat dengan Air Traffic Control (ATC) atau pusat kendali yang ada di darat.

Advertisement

"Mudah-mudahan medio ketiga dari Agustus kita harapkan sudah bisa [selesai]," ujar Soerjanto di Kantor Kemenko Maritim, Jakarta, Senin (21/1/2019).

Menurut Soerjanto, KNKT tengah berusaha mempercepat penyelesaian laporan soal CVR tersebut. Ia melanjutkan, rekaman dalam CVR berdurasi dua jam. 

Meski demikian, lanjut Soerjanto, KNKT hanya akan memasukkan hal-hal yang berkaitan dengan jatuhnya pesawat ke dalam laporan resmi KNKT.

"Kalau yang tidak berkaitan, kita enggak taruh di-report. Yang berkaitan dengan masalah kecelakaan, ya, kita taruh di report," kata dia.

Ia menambahkan, laporan yang KNKT susun membutuhkan waktu yang cukup lama lantaran adanya sejumlah analisis. Selain itu, data CVR juga harus dianalisis berdasarkan data black box yang berisi flight data recorder (FDR).

KNKT juga akan melibatkan Badan Keselamatan Transportasi Nasional (NTSB) Amerika Serikat dan perusahaan Boeing dalam melakukan tes dan analisis itu.

"Kan menganalisa data FDR-nya, CVR-nya, kenapa begini, bagaimana training-nya, bagaimana human factors-nya, terus kita konfirmasi ke pabriknya, Boeing. Masih banyak yang perlu kita konfirmasi," ucap Soerjanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru! KRL Jogja-Solo Sabtu 20 April 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 00:57 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement