Advertisement

Pemkab Magelang Tidak Menerima Kontribusi dari Keberadaan Candi Borobudur

Nina Atmasari
Jum'at, 18 Januari 2019 - 20:37 WIB
Nina Atmasari
Pemkab Magelang Tidak Menerima Kontribusi dari Keberadaan Candi Borobudur Wisatawan Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah. - Harian Jogja/Nina Atmasari

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANG- Candi Borobudur menjadi magnet wisatawan di seluruh dunia. Namun, keberadaannya di Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang diketahui tidak memberikan kontribusi bagi hasil pajak pada pemerintah daerah setempat.

Hal ini diungkapkan oleh Asisten Pemerintahan Kabupaten Magelang, Eko Triyono, saat menyambut kunjungan kerja Komisi A Provinsi Jawa Tengah, di Ruang Bina Karya, Kompleks Setda Kabupaten Magelang, Jumat (18/1/2019).

Advertisement

Eko mengatakan Pemkab magelang pernah menerima kontribusi dari keberadaan Candi Borobudur sebelum tahun 2001. “Setelah 2001 ke sini, secara sepihak Borobudur tidak memberikan kontribusi berupa bagi hasil pajaknya dengan alasan langsung diserahkan ke pusat," jelas Eko saat memeparkan tentang kerja sama pemerintah dengan pengelolaan pariwisata di Kabupaten Magelang.

Namun seiring berjalannya waktu, lanjut Eko, Pemerintah Pusat memberikan perhatian pada Kabupaten Magelang dengan program pendirian Balai Ekonomi Desa (Balkondes) di setiap desa di Kecamatan Borobudur dengan tujuan untuk meningkatkan SDM dan ekonomi masyarakat.

"Tentunya keberadaan Balkondes ini sangat membantu masyarakat di sekitar Borobudur, disamping kita juga mengembangkan kawasan-kawasan pariwisata yang lain di sekitar Borobudur," kata Eko.

Adapun terkait pembangunan bandara baru di Kulonprogo, Eko menuturkan pihaknya telah bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kulonprogo yang menghendaki membangun jalan terusan hingga ke kawasan Borobudur melalui program Bedah Menoreh. Karena program ini dilaksanakan oleh Pemerintah Jawa Tengah, maka Pemkab Magelang hanya menunggu.

"Tentunya harapan kami, jalur ini nantinya juga akan menambah kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara, serta meningkatkan lama tinggal wisatawan di Kabupaten Magelang," jelasnya.

Ketua Rombongan Kunjungan Kerja, sekaligus Sekretaris Komisi A DPRD Provinsi Jawa Tengah, Ali Mansyur mengaku sangat terkesan dengan sumber daya yang dimiliki oleh Kabupaten Magelang. Kendati demikian, ia berharap kepada Pemerintah Kabupaten Magelang untuk tetap dapat konsisten dalam mengelola dan mengembangkan sumber daya yang ada.

“Kami berharap agar pemerintah Kabupaten Magelang dapat terus konsisten dalam mengelola dan meningkatkan potensi serta sumber daya yang ada, agar nantinya dapat bermanfaat bagi masyarakat di Jawa Tengah," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Mudik Lebaran, Gunungkidul Bakal Dijejali 154.000 Kendaraan

Gunungkidul
| Kamis, 28 Maret 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement