Advertisement

Trase Tol Jogja-Bawen Kelar Akhir Bulan & Langsung Disetor ke Gubernur

Krizia Putri Kinanti
Kamis, 17 Januari 2019 - 12:25 WIB
Budi Cahyana
Trase Tol Jogja-Bawen Kelar Akhir Bulan & Langsung Disetor ke Gubernur Kendaraan melaju di Jembatan Tuntang, jalan tol Bawen-Salatiga, Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Kamis (15/6). - Antara/Aditya Pradana Putra

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Kementerian PUPR menargetkan finalisasi trase proyek jalan tol Bawen—Jogja selesai dan diajukan kepada kepada gubernur di dua provinsi tersebut. Selanjutnya, penetapan lokasi disetujui.

Kepala Subdit Jalan Bebas Hambatan Ditjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Hardy P. Siahaan mengatakan bahwa progres proyek jalan tol Bawen-Jogja saat ini masih pada tahap finalisasi trase jalan.

Advertisement

"Jadi, sedang difinalkan di [Ditjen] Bina Marga kemudian nanti paparan dan apabila Pak Dirjen setuju, penlok [penetapan lokasi] diajukan ke gubernur [Jateng dan DIY]," tuturnya kepada Jaringan Informasi Bisnis Indonesia, Rabu (16/1/2019).

Menurutnya, finalisasi trase jalan ini mencakup finalisasi desain rencana ruang milik jalan (right of way plan) yang di dalamnya ada trase dan koridor untuk pembangungan dan pembebasan tanah.

“Progresnya sudah mendekati 90%. Ya, paling dalam akhir bulan ini [selesai], harus disetujui Pak Dirjen dulu. Pengin-nya secepatnya," katanya.

Sebelumnya, Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) menyatakan bahwa pengajuan penetapan lokasi proyek jalan tol Bawen—Jogjaa masih dalam proses dokumen perencanaan pengadaan tanah untuk diserahkan kepada Pemprov Yogyakarta dan Pemprov Jawa Tengah.

Direktur Proyek Sektor Jalan dan Jembatan Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas Max Antameng mengatakan bahwa sampai saat ini progres dari tol Bawen—Jogja belum pada tahap pengajuan penetapan lokasi.

“Penlok belum disetujui, penlok dari dua gubernur, Jateng dan Jogja. Untuk dapat penlok, Ditjen Bina Marga harus menyerahkan DPPT [dokumen perencanaan pengadaan tanah] kepada pemprov. Tampaknya, DPPT belum diserahkan ke pemprov,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Usulan Formasi PPPK-CPNS 2024 Disetujui Pusat, Pemkab Bantul: Kami Tunggu Kepastian Alokasinya

Bantul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 16:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement