Advertisement

Panglima TNI Siapkan Pasukan Elit untuk Hadapi Perang Kota

Newswire
Kamis, 17 Januari 2019 - 01:57 WIB
Sunartono
Panglima TNI Siapkan Pasukan Elit untuk Hadapi Perang Kota Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto seusai rapat pimpinan TNI di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (24/1/2018). - Suara/Erick Tanjung

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memerintahkan kepada pasukan elite di lingkungan TNI untuk berlatih dan mengembangkan konsep perang kota, guna melawan aksi terorisme .

"Mereka [pasukan elite] sudah memiliki kemampuan perang kota. Saya minta kembangkan konsep perang kota yang selama ini mereka latihkan," kata Panglima TNI di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Rabu (16/1/2019).

Advertisement

Ia mengatakan, perintah itu telah disampaikannya saat mengunjungi Markas Kostrad di Mako Divisi Infanteri 1 Kostrad Cilodong, Senin (14/1/2019) kemarin.

Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) ini menjelaskan, selama ini TNI sudah berlatih perang di pedalaman yang jelas musuhnya. Sementara perang di kota seperti melawan terorisme masih dalam proses pengembangan.

"Dalam melaksanakan perang kota, yang dihadapi ada masyarakat dan terorisme itu sendiri, sehingga saya sampaikan agar mengembangkan konsep perang kota. Taktik perang kota yang jelas karakteristik dan berbeda perlengkapannya. Yang jelas kami harus gunakan teknologi nano," ujarnya.

Lebih lanjut Hadi mengatakan, pemanfaatan teknologi dalam perang kota berbeda dengan perang di hutan. "Bisa menggunakan konsep membuat frekuensi suara tinggi, kemudian peralatan-peralatan yang menggunakan sinar infra merah, sensor panas dan koordinat, itu kami kembangkan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Cegah Kecurangan Pengisian BBM, Polres Kulonprogo Cek SPBU

Kulonprogo
| Jum'at, 29 Maret 2024, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement