Advertisement

Dari Debat Perdana, Pemilih Milenial Berpotensi Tinggalkan Prabowo

Newswire
Rabu, 16 Januari 2019 - 17:57 WIB
Nina Atmasari
Dari Debat Perdana, Pemilih Milenial Berpotensi Tinggalkan Prabowo Prabowo Subianto Tiba di KPU. - Okezone/Badri

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Debat Capres-Cawapres akan menentukan arah suara bagi pemilih milenial atau swing voter. Direktur Lembaga Pemilih Indonesia Boni Hargens mengungkapkan kedua calon baik Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandiaga akan menghadapi tantangan menjawab soal kasus HAM dan Hukum.

Dalam debat pertama yang mengusung tema Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme itu kata Boni suara milenial akan cenderung memilih Jokowi atau meninggalkan Prabowo lantaran dinilai memiliki beban sejarah masa lalu terkait pelanggaran HAM.

Advertisement

"Untuk pemilih rasional pemilih milenial atau swing voter mereka akan melihat pak Prabowo track record rekam jejak yang ada, tentu mereka akan berpikir dua kali untuk membuat pilihan mendukung atau tidak dan saya lebih melihat ada kecendrungan nanti pemilih rasional akan meninggalkan Prabowo," kata Boni saat diskusi di Jakarta Selatan, Rabu (16/1/2019).

Terlebih kata Dia, Prabowo juga mendapat dukungan dari organisasi masyarakat (Ormas) garis keras yang bisa menggerus dukungan dari kelompok milenial.

"Apalagi saat ini beliau didukung oleh ormas garis keras yang kita yakini kalau terpilih akan bisa mengambil alih peran polisi, dimana FPI dimana HTI nanti kalau Prabowo menang tentu mereka akan masuk pada ruang kekuasaan," ungkapnya.

Boni mempertanyakan ketika hal tersebut terjadi apakah polisi mampu untuk menertibkan ormas yang dinilai telah melanggar aturan seperti melakukan persekusi maupun tindakan semena-mena jika terjadi.

"Maka tantangan pak Prabowo ketika nanti adalah meyakinkan kita bahwa kebebasan sipil dan hak politik itu akan terjamin ini tidak mudah," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Api Prameks Jogja-Kutoarjo Kamis 25 April 2024

Jogja
| Kamis, 25 April 2024, 04:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement