Advertisement

Rutan Solo Rusuh, Puluhan Pembesuk Mengamuk, 6 Napi Dipindah

Mariyana Ricky Prihatina Dewi
Kamis, 10 Januari 2019 - 17:15 WIB
Bhekti Suryani
Rutan Solo Rusuh, Puluhan Pembesuk Mengamuk, 6 Napi Dipindah Suasana di Rutan Kelas 1 A Solo saat didatangi massa, Kamis (10/1 - 2019). (Solopos/Mariyana Ricky P.D)

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO -- Rutan Kelas 1 A Solo ricuh pada Kamis (10/1/2019). akibatnya, sejumlah tahanan dan narapidana dipindah. 

Enam tahanan dan narapidana (napi) Rumah Tahanan (Rutan) Kelas 1 A Solo terpaksa dipindah ke rutan/lembaga pemasyarakatan (LP) lain lantaran memicu keributan antarnapi di rutan tersebut, Kamis (10/1/2019).

Advertisement

Pantauan Solopos.com-jaringan Harianjogja.com, keributan di kompleks Rutan Solo terjadi pada Kamis pagi saat sekitar 30 orang datang membesuk salah satu tahanan bernama Ikhsan. Ikhsan merupakan tahanan kasus kepemilikan senjata tajam di Purwosari.

Beberapa waktu sebelumnya, Ikhsan bersama Tedi dan Komari, keduanya juga tahanan kasus kepemilikan senjata tajam dan pengeroyokan, melakukan sweeping ke salah satu blok dan mendapati ada napi yang sedang bermain kartu.

Tiga orang itu meneriaki napi yang sedang bermain kartu bahwa kegiatan mereka haram. Mereka juga memukuli napi yang sedang bermain kartu.

Napi yang sedang bermain kartu tak terima dipukuli kemudian melapor ke teman-teman satu blok mereka. Pada Sabtu (29/12/2018), saat pintu blok dibuka, terjadi keributan. Masalah ini berhasil diselesaikan.

Selanjutnya, pada Kamis (10/1/2019), sekitar 30 orang datang membesuk Ikhsan. Napi dan tahanan lain melihat 30 orang sekaligus diizinkan masuk ke dalam Rutan untuk membesuk dan memprotes karena sesuai aturan sekali besuk maksimal lima orang.

Para napi dan tahanan itu tidak terima dan berteriak-teriak memprotes. Dari pembesuk tidak terima diteriaki kemudian membanting pot di dekat area kunjungan dan melempar pot itu ke dalam blok tahanan dan terjadilah keributan.

Para pembesuk yang berjumlah sekitar 30 orang itu kemudian memanggil rekan-rekan mereka yang ada di luar. Ada 200-an orang yang datang ke depan Rutan dan memaksa hendak masuk.

Selang beberapa lama, para pembesuk yang ada di dalam akhirnya keluar. Wakapolresta Surakarta AKBP Andy Rifai mengatakan keributan terjadi karena miskomunikasi di antara penghuni Rutan.

"Benturan fisik sudah bisa kami redam. Situasi di dalam sudah kondusif. Penyebab masih kami koordinasikan dengan kepala Rutan," jelas Wakapolresta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru KRL Jogja Solo dan KRL Solo Jogja Hari Ini, Jumat 29 Maret 2024

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 02:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement