Advertisement

AS Beri Peringatan Tingkat 2 untuk Warganya yang Melakukan Perjalanan ke Tiongkok

Newswire
Jum'at, 04 Januari 2019 - 13:37 WIB
Nina Atmasari
AS Beri Peringatan Tingkat 2 untuk Warganya yang Melakukan Perjalanan ke Tiongkok Presiden China Xi Jinping (kanan) berinteraksi dengan Presiden AS Donald Trump didampingi Melania Trump. (Reuters)

Advertisement

Harianjogja.com, WASHINGTON- Pemerintah Amerika Serikat pada Kamis (3/1/2018) memperingatkan warga negaranya yang melakukan perjalanan "agar lebih berhati-hati" ketika berada di Tiongkok.

Departemen Luar Negeri AS menaikkan saran perjalanan ke "Tingkat 2", sebab Tiongkok telah menggunakan larangan bepergian untuk menghentikan warga negara Amerika meninggalkan negeri tersebut.

Advertisement

Menurut peringatan perjalanan itu, larangan keluar tersebut digunakan oleh Pemerintah Tiongkok untuk memaksa warga negara AS agar ikut dalam penyelidikan pemerintah, mengembalikan orang-orang ke Tiongkok dari luar negeri dan membantu Pemerintah Tiongkok menyelesaikan sengketa sipil "yang mendukung semua pihak di Tiongkok".

"Warga negara AS mungkin ditahan tanpa akses ke layanan Konsulat AS atau informasi mengenai dugaan melakukan kejahatan. Warga negara AS mungkin menjadi sasaran interogasi berkepanjangan dan penahanan yang berkelanjutan karena alasan yang berkaitan dengan 'keamanan negara'," tambah saran itu, sebagaimana dikutip Kantor Berita Anadolu --yang dipantau Antara di Jakarta, Jumat (4/1/2019) pagi.

Peringatan "Tingkat 2" adalah satu tingkat lebih tinggi dibandingkan dengan "Tingkat 1", yang meminta pelancong berhati-hati secara normal. Peringatan perjalanan "Tingkat 3" menyarankan orang untuk mempertimbangkan kembali perjalanan mereka, sedangkan peringatan "Tingkat 4" menyatakan "Jangan melakukan perjalanan".

Pekan lalu, Departemen Luar Negeri AS juga mengeluarkan peringatan perjalanan "Tingkat 2" ke Myanmar, dengan alasan ada daerah "kerusuhan sipil dan konflik bersenjata".

AS telah mengeluarkan peringatan "Tingkat 2" buat hampir 60 negara sejak Januari lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement