Advertisement

Ini Motif Teroris Pemenggal Kepala Warga di Sulteng, Menembaki Polisi

Newswire
Rabu, 02 Januari 2019 - 21:03 WIB
Bhekti Suryani
Ini Motif Teroris Pemenggal Kepala Warga di Sulteng, Menembaki Polisi Ilustrasi terorisme - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA- Polisi mengungkap motif penembakan terduga teroris di Sulawesi Tengah (Sulteng) terhadap anggota kepolisian. Kawanan teroris tersebut sebelumnya memenggal kepala salah seorang warga di desa setempat.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengungkapkan, serangan kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Poso pimpinan Ali Kalora terhadap dua anggota Polri bermotif sekadar menunjukan eksistensi.

Advertisement

"Jadi motifnya yang pertama memang menunjukan eksistensinya. Jumlah mereka tidak banyak, kecil, jumlahnya 10 orang. Sudah diidentifikasi jumlahnya segitu," kata Dedi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (2/1/2019).

Selain itu, Dedi menyebut bahwa berdasarkan hasil pemetaan, kelompok teroris yang berafiliasi dengan ISIS itu hanya memiliki beberapa senjata api dan senjata tajam.

"Kekuatannya sudah diidentifikasi hanya 3 senjata. Dua senjata laras panjang, satu rakitan, satu senjata laras pendek rakitan dan sisanya senjata tajam," tutur Dedi.

Kelompok MIT kembali meresahkan masyarakat dengan melakukan pembunuhan disertai mutilasi terhadap warga Sulteng. Selain itu mereka menembak polisi saat melakukan evakuasi terhadap jasad korban.

Dua anggota polisi yakni Bripka Andrew dan Bripda Baso ditembak oleh sekelompok orang yang diduga teroris anak buah Santoso pada Senin, 31 Desember 2018.

Kedua polisi tersebut ditembak saat membersihkan ranting pohon yang menutup jalan rombongan saat melakukan proses evakusi dan olah TKP mutilasi seorang warga Poso.

Kontak senjata pun sempat terjadi antara polisi dengan kelompok terduga teroris. Dua polisi yang tertembak berhasil dievakuasi ke puskesmas dan kelompok teroris masih dalam pengejaran.‎

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Program Transmigrasi, DIY Dapat Kuota 16 Kepala Keluarga

Jogja
| Kamis, 25 April 2024, 09:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement