Advertisement

Demo Kedubes China, Demonstran Bawa Bendera Raksasa Bergambar Habib Bahar

Newswire
Jum'at, 21 Desember 2018 - 17:50 WIB
Bhekti Suryani
Demo Kedubes China, Demonstran Bawa Bendera Raksasa Bergambar Habib Bahar Habib Bahar bin Smith - Wikipedia

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA- Demonstrasi bela Uighur di Kedubes Tiongkok diwarnai poster penceramah Habib Bahar yang kini mendekam di penjara karena kasus penganiayaan anak.

Massa aksi bela Uighur dari berbagai elemen masyarakat mulai berkumpul di depan Kedutaan besar China kawasan Mega Kuningan, Jakarta, Jumat (21/12/2018) siang.

Advertisement

Dari pantauan di lokasi, sejak selepas Salat Jumat hingga pukul 13:30 WIB, massa yang awalnya terkonsentrasi melaksanakan Salat Jumat di Masjid Jami'Al Istiqomah yang dekat dengan lokasi, massa langsung bergerak ke depan Kedubes China dan berkumpul bersama kelompok lain.

Terlihat beberapa peserta aksi membawa atribut berupa bendera bertuliskan kalimat tauhid, bendera merah putih, hingga bendera raksasa bergambar penceramah Habib Bahar bin Smith yang tengah menjadi tersangka kasus penganiayaan di Polda Jawa Barat.

Sesekali terdengar teriakan takbir dan nyanyian-nyanyian pendorong semangat massa.

"Mari kita satukan dan rapatkan barisan demi kaum muslimin Uighur yang tengah mendapat musibah di China dan kita juga harus jaga ketertiban, buktikan bahwa muslim itu tidak anarkis," kata suara dari mobil komando seperti dilansir Antara.

Terlihat juga beberapa orang peserta massa yang hadir ke lokasi dengan membawa keluarganya. Seperti Lisa seorang ibu rumah tangga yang hadir bersama suami dan seorang anak laki-lakinya berusia 10 tahun.

"Kami memang sengaja datang ke sini. Bukan karena apa-apa tapi karena alasan kemanusaiaan. Kami terpanggil karena ini persoalan kemanusiaan," ujar Lisa yang mengaku sebagai muslim keturunan Tionghoa.

Sekitar pukul 13:45 WIB, massa baru akan memulai orasinya di depan gedung kedutaan yang sudah dikelilingi kawat berduri dan dijaga petugas keamanan gabungan.

Sementara itu, Kedubes China terlihat tidak ada kegiatan karena sengaja diliburkan akibat adanya aksi bela Uighur 2112 hari ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Rute, Tarif dan Jalur Bus Trans Jogja, Yuk Cek di Sini

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 05:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement