Advertisement

Hadapi Haters, Ma'ruf Amin Tiru Cara Nabi

Newswire
Selasa, 18 Desember 2018 - 22:37 WIB
Nina Atmasari
Hadapi Haters, Ma'ruf Amin Tiru Cara Nabi Calon Wakil Presiden nomor urut 01, KH Ma'ruf Amin menjawab pertanyaan sejumlah anak muda milenial yang berbincang santai dengannya di Rumah Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (18/12/2018). - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Menjelang pemilihan umum (Pemilu) 2019, banyak muncul pendukung dan kelompok pembenci (haters).

Calon Wakil Presiden nomor urut 01, KH Ma'ruf Amin menjawab pertanyaan sejumlah anak muda milenial yang berbincang santai dengannya di Rumah Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (18/12/2018).

Advertisement

Salah satu yang dijawabnya adalah ketika seorang perempuan muda, yang tergabung dalam Relawan Milenial Jokowi-Ma'ruf Amin (Remaja), menanyakan cara sang kiai menghadapi pembenci, alias haters.

Jawab Kiai Ma'ruf, ulama tugasnya adalah memimpin ummat. Dan ummat itu, ada yang santun, usil, dan ada juga yang galak.

"Karena itu, kita harus bisa merespons dengan baik. Karena ulama itu pengikut Nabi Muhammad SAW. Nabi itu santun. Dan santun itu rahmat. Jadi walaupun beliau [Nabi] marah, tidak boleh ditunjukkan marah-marah," ujar Kiai Ma'ruf.

Kiai Ma'ruf lalu mengutip sebuah kisah di Alquran. Ceritanya, Nabi Harun dan Nabi Musa, oleh Allah SWT, diminta menasihati Raja Firaun dari Mesir. Untuk diketahui, Firaun itu durjana sekali, mengaku sebagai tuhan.

"Kata Allah, katakan kepada Firaun itu, wahai Musa dan Harun, dengan ucapan yang santun," kata Kiai Ma'ruf.

"Jadi orang kayak gitu [Firaun] saja harus disikapi santun. Apalagi haters yang mengkritik, nyinyir. Ulama itu sabar, santun, dan menanggapi dengan senyum saja," tambah Pendiri Ponpes An Nawawi Tanara Banten itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement