Advertisement

59.813 Kotak Suara Dupleks di DIY Dijamin Aman

Budi Cahyana
Selasa, 18 Desember 2018 - 10:25 WIB
Budi Cahyana
59.813 Kotak Suara Dupleks di DIY Dijamin Aman Ketua KPU Arief Budiman menduduki kotak suara berbahan dupleks. - Antara/Reno Esnir

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pada Pemilu 2019, seluruh TPS di Indonesia tidak lagi memakai kotak suara dari bahan alumunium, tetapi dupleks atau karton lapis dua kedap air. Jumlah kotak suara dupleks se-DIY sebanyak 59.813 kotak. KPU sudah menyiapkan bermacam cara untuk menjamin keamanan.

Kotak suara dupleks meliputi 7.014 di Kota Jogja, 15.382 di Bantul, 13.868 di Gunungkidul, 6.422 di Kulonprogo, dan 17.127 di Sleman. Sementara, bilik suara berbahan alumunium di seluruh DIY sebanyak 31.826.

Advertisement

Ketua KPU DIY Hamdan Kurniawan menegaskan penggunaan kotak suara berbahan dupleks merupakan amanat Undang-Undang (UU) No.7/2017 tentang Pemilu yang menyebutkan kotak suara harus terlihat jelas bagian depannya.

“Tujuannya untuk membangun transparansi saat pemilu,” ujar Hamdan, Senin (17/12/2018)

KPU di masing-masing daerah sudah memiliki cara untuk menjamin keamanan kotak suara dupleks.

Ketua KPU Kota Jogja, Hidayat Widodo mengatakan kotak suara dupleks akan dilindungi palet kayu dan bagian atasnya ditutup terpal. “Palet kayu tingginya kurang lebih 15 sentimeter,” kata Hidayat.

KPU juga bekerja sama dengan Bulog untuk fumigasi agar kotak suara dupleks tidak mudah dimakan rayap.

KPU Sleman sudah mendapat total kotak suara yang dibutuhkan di Pemilu 2019. Namun, karena adanya penambahan dua tempat pemungutan suara (TPS), KPU Sleman masih menunggu kiriman kotak suara baru.

Ketua KPU Sleman Trapsi Haryadi mengatakan penambahan TPS itu ada di Desa Balecatur dan Desa Ambarketawang, Gamping, karena adanya penambahan pemilih setelah pengumuman Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) II.

Menurut Trapsi, semua kotak suara yang ada di gudang KPU Sleman berbahan dupleks. “Tidak ada yang dari alumunium,” ujar Trapsi.

Kotak suara berbahan alumunium bekas dari gelaran Pemilu 2014 lalu sudah diserahkan ke Pemerintah Kabupaten Sleman dan sudah dilelangkan.

Menurut dia, keamanan kotak suara dupleks saat ini sangat terjamin.
“Ada kabel untuk mengamankan tiap-tiap kotak suara. Lalu, kami pastikan atap gudang tidak bocor. Di lantainya juga ada landasan tingginya 15 meter, agar kotak suara tidak lembap,” ujar dia.

Sementara, 6.422 kotak suara berbahan dupleks disimpan di Gudang KPU Kulonprogo di eks Gedung Bioskop Mandala Theater, Wates.

Lotak suara itu dibungkus plastik yang di bawahnya diberi alas khusus agar aman dari rembesan air saat hujan.

Ketua KPU Kulonprogo Ibhah Muthiah mengatakan prosedur pengamanan itu juga berlaku untuk logistik pemilu lain seperti bilik berbahan kertas. Saat ini KPU Kulonprogo memiliki 839 bilik kertas. Jika nanti terdapat kekurangan, akan ada penambahan bilik berbahan aluminium bekas Pemilu 2014 sebanyak 1.049 buah. Seluruh logistik itu akan ditempatkan di 1.258 TPS.

Adapun jumlah kotak suara berbahan aluminium yang dimiliki KPU Kulonprogo sebanyak 4.196 buah. Namun tiga di antaranya telah rusak. Nantinya, 1.200 kotak suara dihibahkan ke Pemkab Kulonprogo untuk keperluan pemilihan kepala desa. Sementara sisanya akan disimpan.

Ketua KPU Gunungkidul Ahmadi Ruslan Hani menjamin kotak suara dan bilik suara yang terbuat dari dupleks tidak mudah rusak.

“Kotak suara dan bilik suara sudah datang semua. Kami kelola sesuai aturan yang ada yang telah ditetapkan. Seperti diletakkan di atas panggung anti rayap dan sebagainya. Nanti saat distribusi juga dibungkus plastik,” ujar Hani.

Kotak suara berbahan almunium yang sudah tidak terpakai sebanyak 7.442, sekitar 1.000 kotak akan dihibahkan kepada Pemkab Gunungkidul untuk kepentingan pemilihan kepala desa.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Sabtu 20 April 2024, Tiket Rp50 Ribu

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 04:17 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement