Advertisement

Disdukcapil Se-Indonesia Diminta Lakukan Pemusnahan E-KTP Invalid

Muhammad Ridwan
Sabtu, 15 Desember 2018 - 12:17 WIB
Nina Atmasari
Disdukcapil Se-Indonesia Diminta Lakukan Pemusnahan E-KTP Invalid Sebanyak 25.103 KTP Elektronik dimusnahkan Kabupaten Kudus Jumat (14/12/2018) sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan, kewaspadaan dalam sistem administrasi kependudukan serta menghindari penyalahgunaan. - Antara/Yusuf Nugroho.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA -- Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil menegaskan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil mulai, Jumat (14/12/2018), melakukan pemusnahan terhadap Kartu Tanda Penduduk yang invalid.

Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Zudan Arif Fakrulloh menjelaskan bahwa pemusnahan dilakukan secara serentak di seluruh Dinas Dukcapil mulai dari tingkat Kelurahan, Kecamatan, hingga Kabupaten/Kota.

Advertisement

“Hari ini serentak seluruh Indonesia,” ujarnya saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (14/12/2018).

Dia melanjutkan, setiap hari akan dilakukan pemusnahan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik yang rusak atau invalid dan kedaluarsa.

“Tiap hari akan selalu ada pemusnahan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan,” jelasnya.

Sebelumnya, Kementerian Dalam Negeri mengeluarkan instruksi terbaru terkait penanganan Kartu Tanda Penduduk Elektronik yang rusak dan kedaluarsa.

Dalam Surat Edaran Nomor: 470.13/11176/SJ tentang Penatausahaan KTP-el Rusak atau Invalid, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menginstruksikan kepada seluruh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) mulai dari Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten/Kota untuk melakukan pencatatan dan pemusnahan dengan cara dibakar.

"Dulu instruksi untuk gunting KTP-el yang rusak salah atau kadaluwarsa ternyata tidak cepat dengan proses gunting, setelah didata sekarang instruksi tiap hari dan yang masih di gudang langsung dibakar," ujar Tjahjo kepada wartawan, Jumat (14/12/2018).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Produksi Ikan Tangkapan dan Budi Daya di Gunungkidul Hanya Naik Tipis

Gunungkidul
| Selasa, 19 Maret 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement