Advertisement

Duh, Makin Banyak Petugas Pajak yang Diduga Menyalahgunakan Wewenang

Edi Suwiknyo
Rabu, 12 Desember 2018 - 05:17 WIB
Nina Atmasari
Duh, Makin Banyak Petugas Pajak yang Diduga Menyalahgunakan Wewenang Warga berkonsultasi dengan petugas pajak mengenai pajak amnesty di kantor Pelayanan Pajak, Kembangan, Jakarta - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, BOGOR - Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak menerima jumlah pengaduan dugaan penyalahgunaan wewenang oleh petugas pajak sampai November 2018 terus meningkat dibandingkan dengan tahun lalu.

Data Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak menunjukkan jumlah pengaduan terkait perilaku petugas pajak mencapai 32 atau naik sekitar 9 pengaduan dari tahun lalu yang sebanyak 23. Kendati naik, tetapi jumlah ini relatif turun dibandingkan dengan 2016 yang mencapai 46 kasus.

Advertisement

Direktur Kepatuhan Internal dan Transformasi Sumber Daya Aparatur Ditjen Pajak Herry Gumelar menjelaskan bahwa persoalan yang diadukan biasanya terkait dengan fraud atau perkara tindakan pelanggaran misalnya gratifikasi atau suap.

"Ini sifatnya pengaduan dan belum tentu seperti yang diadukan. Karena itu kami akan melakukan kajianndan investigasi terkait hal itu," kata Herry dalam diskusi "Perkuat Reformasi Kokohkan Kolaborasi" di Cisarua, Bogor, Selasa (11/12/2018).

Herry mengakui di internal otoritas pajak ada sejumlah pos-pos yang dianggap rawan fraud. Tugas-tugas seperti juru sita, account reptesentative (AR), termasuk pemeriksa sangat rawan terhadap pelanggaran.

Hanya saja, menurutnya, kasus fraud atau penyalahgunaan wewenang itu tak hanya berasal dari petugas pajak, wajib pajak pun, menurutnya, memiliki potensi besar penyebab tindakan tak terpuji itu.

Dia mencontohkan, juru sita misalnya, tugas juru sita menagih utang ke WP, tetapi dalam perjalanannya WP tersebut menegosiasikan utang dan menitipkan uang bayar pajak ke petugas pajak. Padahal pembayaran pajak saat ini dilakukan di bank persepsi.

"Jadi saya minta WP untuk patuh. Namun ketika mereka butuh uang cepat, fiskusnya main-main terjadilah kolusi," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement